Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Duel Udara Lawan Rusia, 3 Jet Tempur Ukraina Tumbang!

Tiga jet tempur Ukraina tumbang usai terlibat duel udara dengan pesawat tempur Rusia.
Peswat jet tempur Rusia Sukhoi Su-24/Reuters
Peswat jet tempur Rusia Sukhoi Su-24/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pesawat tempur Rusia terlibat duel udara dengan pesawat tempur milik Ukraina. Rusia mengklaim memenangkan duel udara tersebut dan berhasil menembak jatuh 3 pesawat tempur Ukraina jatuh.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan dalam duel udara di langit Donetsk, Ukraina Timur, dua peswat MiG-29 jatuh. Sementara sebuah pesawat Su-25 Ukraina ditembak jatuh di dekat desa Dolgenkoye di wilayah Kharkiv.

“Satu lagi pesawat Su-25 Ukraina ditembak jatuh melalui pertahanan udara di wilayah desa Vuhledar, Donetsk,” tulis laporan Kemhan Rusia yang dikutip, Kamis (20/4/2023).

Adapun, penerbangan operasional-taktis militer, pasukan rudal dan artileri pasukan Rusia mengalahkan 98 unit artileri dan peralatan Ukraina di 133 distrik.

Di area pemukiman Seversk Maly di Donetsk, sebuah penyeberangan ponton Ukraina yang digunakan untuk melintasi Sungai Seversky Donetsk dihancurkan.

Serangan Rusia juga menghantam pos komando dan observasi batalion brigade mekanik ke-110 Angkatan Bersenjata Ukraina di dekat desa Avdiivka di Donetsk.

Tak sampai di situ, Rusia juga menghancurkan depot bahan bakar peralatan militer Brigade Tank ke-17 Ukraina dihancurkan di dekat desa Konstantinovka di Donetsk.

Sementara itu, sistem pertahanan udara Rusia berhasil mencegat empat roket dari sistem peluncuran roket HIMARS, termasuk 6 kendaraan udara tak berawak Ukraina.

Secara total, Rusia mengklaim telah menghancurkan 411 pesawat, 228 helikopter, 3.776 kendaraan udara tak berawak, 415 sistem rudal antipesawat, 8.732 tank dan kendaraan tempur lapis baja, 1.089 kendaraan peluncur roket, 4.619 artileri dan mortir, serta 9.617 unit kendaraan militer khusus Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper