Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap dan Pendek

Bacaan doa qunut terbagi menjadi dua versi, yaitu versi pendek dan versi lengkap. Berikut bacaan Qunut lengkap yang penting untuk diketahui.
Doa-Qunut-Subuh-Lengkap(freepik)
Doa-Qunut-Subuh-Lengkap(freepik)

Bisnis.com, JAKARTA - Doa Qunut dibaca setiap sholat Subuh. Hukum membacanya adalah sunnah dan dianjurkan oleh Imam Syafi’i. 

Menurut Imam an- Nawawi hukum membaca Qunut subuh adalah sunnah muakkad yang artinya, apabila ditinggalkan secara sengaja ataupun tidak sengaja, tidak akan membatalkan sholat. 

Tetapi apabila lupa membaca baca Qunut, dianjurkan melakukan sujud sahwi. Lantas, seperti apa bacaan Qunut subuh itu? Simak untuk mengetahui informasinya berikut ini.  

Doa Qunut Lengkap dengan tulisan Arab dan Latin 

Imam Syafi’i menganjurkan membaca doa Qunut Subuh. Pendapat Imam Syafi’i tersebut diikuti oleh mayoritas ulama ahli hadits sebab didasarkan atas hadits yang berbunyi:

Dari Muhammad bin Sirin berkata “Aku bertanya kepada Anas bin Malik “Apakah Rasulullah SAW membaca doa Qunut dalam sholat subuh? ” Beliau menjawab “Ya, sesudah rukuk sebentar” (HR. Muslim).

Dari Anas bin Malik berkata “Rasulullah SAW selalu melakukan Qunut sholat subuh sampai beliau meninggal dunia” (HR. Ahmad).  

Doa Qunut dibaca setelah tahmid saat i’tidal di rakaat kedua sholat subuh. Berikut ini doa Qunut latin, Arab, dan arti doa Qunut 

 اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ  

Allahummahdinii fîi man hadait, waafini fîi man‘afait, wa tawallanii fîi man tawallait, wa baariklii fîii maa ‘ thait, wa qinii syarra maa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdha ‘ alaik, wa innahuu laa yazillu man waalait, wa laa ya‘izzu man ‘ aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta‘aalait, fa lakal hamdu a’laa maa qadhait, wa astagfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallahu ‘ alaa sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.   

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah petunjuk kepada aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan kepadaku pada apa- apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang memberi hukuman dan bukan terkena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan aku dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Aku memohon ampunan dari Engkau dan aku bertobat kepada Engkau.( Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera untuk junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya”.   

Bacaan Doa Qunut Subuh Pendek  

Selain doa Qunut lengkap yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa membaca doa Qunut subuh versi pendek yang berbunyi: 

 للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ  

Allahummah dinii fii man hadairs, wa' aafiinii fii man' aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, wa baarik lii fii maaa'thaits, wa qi nii syarra maa qadlaits, fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa' alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalaits, tabaarakta rabbanaa wata'aalaits

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah petunjuk kepada aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang memberi hukuman dan bukan terkena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan aku dan Maha tinggi Engkau”.

Demikian bacaan doa Qunut lengkap dan doa Qunut pendek yang disertai dengan artinya. Anda bisa membaca doa tersebut saat sholat Subuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nuraini
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper