Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Sebut Ma'ruf Amin Berperan Kembangkan Ekonomi Syariah di Indonesia

Jokowi menilai perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia tidak lepas dari peran Maruf Amin.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia tidak lepas dari peran Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin.

Hal ini tertulis melalui buku "K.H. Ma'ruf Amin Bapak Ekonomi Syariah Indonesia yang diluncurkan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh yang bertepatan dengan kunjungan kerja Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin ke Provinsi Aceh, Kamis (30/3/2023).

Buku yang di dalamnya terdapat kata pengantar dari Presiden RI Ke-7 tersebut diluncurkan sebagai bentuk penghargaan yang diberikan oleh UIN Ar-Raniry atas kontribusi pemikiran dan kebijakan yang diberikan Wapres asal Tangerang itu selama kiprahnya selama ini yang senantiasa berkomitmen dalam memajukan ekonomi syariah di Indonesia.

Dalam kata pengantarnya pada buku tersebut, Presiden asal Surakarta ini pun menuliskan bahwa perkembangan ekonomi dan keuangan syariah yang saat ini ada di Indonesia tidak lepas dari peran seorang Ma'ruf Amin.

"Beliau adalah sosok yang memiliki kompetensi lengkap, seorang ulama yang bijaksana dan dihormati oleh umat Islam di seluruh tanah air. Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia tidak terlepas dari kontribusi beliau," urai Jokowi.

Hal tersebut dapat dilihat dari sepak terjang di bidang ekonomi syariah yang telah ditorehkan sejak awal karir Wapres di Majelis Ulama Indonesia.

"Beliau bahkan terus menyumbangkan gagasan dan pikirannya untuk mendukung pembangunan di Indonesia," tulis Jokowi.

Dengan sepak terjang ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun optimis perkembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah ke depan akan semakin cemerlang.

"Melihat semangat beliau, saya yakin dan optimistis, jika industri keuangan syariah betul-betul kita dorong, betul-betul terus kita perkuat, betul-betul terus kita kembangkan, maka kuangan syariah akan dapat menjadi salah satu solusi utama dalam pembiayaan pembangunan di negara kita," pungkas Jokowi.

Buku "K.H. Ma'ruf Amin Bapak Ekonomi Syariah Indonesia" ditulis oleh Saifuddin A. Rasyid, Rahmad Syah Putra dan Arkin, tiga akademisi UIN Ar-Raniry yang memiliki latar belakang di bidang ilmu Islam dan syariah.

Salah seorang penulisnya, Saifuddin A. Rasyid, selain menjadi akademisi, juga aktif di berbagai organisasi seperti Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan MUI. Dengan demikian, ia aktif mengikuti sepak terjang Wapres dalam kontribusinya di sektor syariah.

Dengan diluncurkannya buku ini, dibarapkan dapat menjadi referensi atau rujukan bagi generasi-generasi berikutnya untuk semakin mengakselerasi ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper