Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AU Inggris Segera Pensiunkan Pesawat Tempur C-130J, Apa Bedanya dengan Milik RI?

Angkatan Udara Inggris akan segera memensiunkan pesawat C-130J, apa bedanya dengan milik RI?
Super Hercules C-130J
Super Hercules C-130J

Bisnis.com, SOLO - Indonesia baru saja kedatangan pesawat kargo baru bertajuk Super Hercules C-130J. Pesawat ini akan digunakan untuk misi kemanusiaan.

Saat Indonesia sedang berbangga dengan pesawat kargo barunya, Inggris malah punya rencanaya yang berbeda. Dilansir dari situs resmi RAF, Angkatan Udara Inggris (RAF) akan memensiunkan seluruh armada C-130J Super Hercules pada 30 Juni tahun ini.

Penarikan seluruh C-130J dari layanan RAF ini lebih cepat 12 tahun dari jadwal yang telah ditetapkan semula.

“C-130J Hercules Royal Air Force direncanakan akan ditarik dari layanan pada 30 Juni 2023. Kegiatan pembuangan yang sesuai telah dimulai untuk mendukung potensi penjualan badan pesawat, simulator penerbangan, peralatan pendukung, dan sisa suku cadang khusus C130J. inventaris," bunyi keterangan RAF.

Selanjutnya RAF akan berkonsentrasi pada pengoperasian A400M dan Boeing C-17 Globemaster III yang memiliki kapasitas angkut lebih banyak.

Nantinya, AU Inggris akan menjual komponen-komponen pesawat tersebut secara terpisah dengan rincian sebagai berikut:

1. Badan pesawat: Badan utama dan struktur pesawat Hercules C-130J, yang dapat dijual ke negara atau organisasi lain yang tertarik untuk memperoleh pesawat ini untuk digunakan sendiri.

2. Simulator penerbangan: Perangkat pelatihan yang meniru pengalaman mengemudikan Hercules C-130J, memungkinkan pilot untuk berlatih dan mengembangkan keterampilan mereka di lingkungan yang aman dan terkendali.

3. Peralatan pendukung: Berbagai alat dan mesin yang dibutuhkan untuk perawatan, perbaikan, dan pengoperasian pesawat Hercules C-130J.

4. Persediaan suku cadang khusus C130J: Suku cadang yang dirancang khusus untuk pesawat Hercules C-130J, yang dapat digunakan untuk pemeliharaan dan perbaikan oleh calon pembeli.

Lalu apa bedanya dengan Super Hercules C-130J milik Indonesia:

Perbedaannya jelas terletak pada versinya. Pesawat Super Hercules C-130J yang didatangkan ke Indonesia merupakan versi yang cukup baru.

Ini berbeda dengan milik Inggris yang sudah dipesan sejak 29 tahun lalu. Inggris memesan total 25 C-130J Super Hercules pada Desember 1994.

C-130J pertama dikirim pada tahun 1998. Setahun kemudian tipe ini mencapai Kemampuan Operasi Awal (IOC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper