Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Perang Rusia Vs Ukraina: Menhan AS Tiba-Tiba Telepon Menhan Rusia

Menhan AS secara tiba-tiba menelepon Menhan Rusia buntut dari jatuhhnya drone mata-mata milik AS di Laut Hitam.
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin/Bloomberg/ Amanda Andrade-Rhoades/The Washington Post
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin/Bloomberg/ Amanda Andrade-Rhoades/The Washington Post

Bisnis.com, JAKARTA - Insiden drone mata-mata milik Amerika Serika (AS) jatuh di Laut Hitam membuat pemimpin militer AS berbicara dengan pihak Rusia.

Melansir Reuters, Kamis (16/3/2023) AS menilai perilaku Moskow semakin agresif, sedangkan Rusia memperingatkan Washington bahwa menerbangkan pesawat tak berawak di dekat Krimea berisiko eskalasi.

Berikut rangkuman perang Rusia Vs Ukraina:

Insiden Drone AS

1. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengadakan percakapan telepon yang jarang terjadi pada Rabu (15/3/2023), sehari setelah drone militer AS jatuh di Laut Hitam.

2. Rusia mengatakan bahwa mengoperasikan penerbangan drone AS di dekat Krimea bersifat provokatif dan dapat menyebabkan eskalasi. Sementara, jenderal tinggi AS mengatakan ada pola peningkatan agresi Rusia.

3. Drone pengintai AS mungkin pecah dan akan sulit dipulihkan mengingat kedalaman air di Laut Hitam, kata jenderal tinggi AS itu.

4. Selain komunikasi para pemimpin militer, AS juga memanggil Duta Besar Rusia untuk AS. Menurut dubes, dia telah memberi tahu Washington bahwa Rusia "tidak akan lagi mengizinkan siapa pun melanggar perairan kami".

5. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan AS "mengabaikan" fakta bahwa Rusia telah menetapkan pembatasan ruang udara di wilayah tersebut.

6. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan, bahwa kecelakaan drone pengintai militer ASfi Laut Hitam sedang diselidiki. Dia menolak untuk berbicara tentang maksud atau motivasi di balik insiden tersebut.

Adapun, drone "Reaper" MQ-9 dapat terbang hingga 50.000 kaki selama lebih dari 27 jam, mengumpulkan informasi intelijen dengan kamera, sensor, dan radar canggih.

Ekonomi dan Diplomasi

1. Parlemen Turki "sangat mungkin" untuk meratifikasi tawaran aksesi Finlandia bergabung menjadi anggota NATO sebelum pertengahan April, kata dua pejabat Turki kepada Reuters.

Swedia dan Finlandia mendaftar tahun lalu untuk bergabung dengan NATO setelah Rusia menginvasi Ukraina tetapi Turki keberatan

2. Turki akan melanjutkan diskusi untuk memperpanjang kesepakatan yang memungkinkan pengiriman biji-bijian dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina selama 120 hari, bukan 60 hari, kata Turki.

Berlin mengatakan itu harus berlanjut tanpa batas waktu.

3. Ekspor biji-bijian Ukraina untuk musim 2022/2023 mencapai 34,7 juta ton per 15 Maret, terpukul oleh panen yang lebih sedikit dan kesulitan logistik yang disebabkan oleh invasi Rusia.

Pertempuran dan Politik

1. Komando militer utama Ukraina mendukung pertahanandi bagian Timur termasuk Kota Bakhmut yang terkepung dan menimbulkan kerugian besar pada musuh, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Sejak awal Februari, mereka (Rusia) telah melakukan sekitar 40 hingga 50 percobaan serangan," kata komandan Ukraina berusia 45 tahun Andrii "Tuman" kepada Reuters di sebuah desa dekat Kreminna, Luhansk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper