Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Pendaftaran SNBT 2023, Ini 10 PTN Terfavorit Tahun 2022

UI menduduki posisi kesembilan PTN dengan peminat terbanyak pada SBMPTN 2022. Tercatat, ada 42.440 calon mahasiswa baru yang berminat untuk masuk ke UI.
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia./fk.ui.ac.id
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia./fk.ui.ac.id

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universtas Sebelas Maret (UNS) menempati urutan keempat PTN dengan jumlah peminat terbanyak dalam pelaksanaan SBMPTN 2022. Tercatat, universitas di Solo, Jawa Tengah itu diminati oleh sebanyak 53.358 peminat pada SBMPTN 2022 lalu.

Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 2.860 pendaftar yang diterima melalui jalur seleksi berbasis tes ini.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Kemudian di posisi kelima ada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan total peminat sebanyak 52.468 orang.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada harus turun ke posisi keenam dalam daftar PTN dengan peminat terbanyak pada 2022. Menurut Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan UGM Djagal Wiseso Marseno, total calon mahasiswa baru yang mendaftar ke UGM mencapai 50.222 orang.

Djagal mengatakan, untuk program saintek, 5 besar prodi dengan jumlah peminat terbanyak yaitu Kedokteran, Farmasi, Teknologi Informasi, Gizi Kesehatan, dan Ilmu Komputer.

Sedangkan untuk program soshum, 5 prodi dengan peminat terbanyak meliputi Psikologi, Hukum, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Akuntansi.

Universitas Sumatera Utara (USU)

Menyebrang ke Pulau Sumatera, ada Universitas Sumater Utara (USU) yang berhasil menempati posisi ketujuh dalam daftar PTN dengan peminat terbanyak pada SBMPTN 2022. Tahun lalu, universitas di Medan ini diminati oleh sekitar 44.308 calon mahasiswa baru.

Universitas Hasanuddin

Di posisi selanjutnya ada Universitas Hasanuddin dengan total pendaftar SBMPTN 2022 sebanyak 42.553 orang. Unhas menjadi satu-satunya universitas di Sulawesi yang masuk ke dalam daftar PTN dengan peminat terbanyak pada SBMPTN tahun lalu.

Universitas Indonesia (UI)

PTN yang berlokasi di Depok, Jawa Barat ini menduduki posisi kesembilan PTN dengan peminat terbanyak pada SBMPTN 2022. Tercatat, ada 42.440 calon mahasiswa baru yang berminat untuk masuk ke UI.

Dilaporkan, program studi Psikologi menjadi prodi yang paling diminati pada SBMPTN 2022, dengan total pendaftar sebanyak 2.651 orang.

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Di posisi 10 ada Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan total peminat sebanyak 42.425 orang. Terjadi penurunan sekitar 1.315 dari jumlah pendaftar pada SBMPTN 2021.

Kepala Kantor Layanan Admisi UNY Setya Raharja menuturkan, selain penurunan jumlah pendaftar, pihaknya juga mencatat penurunan mahasiswa yang diterima melalui jalur SBMPTN 2022.

Menurutnya, hal ini terjadi karena UNY telah memutuskan untuk mengurangi daya tampung mahasiswa dari beberapa program studi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper