Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arti Desain Uang Baru Ukraina Edisi Setahun Perang, Full Sindir Rusia

Pemerintah Ukraina merilis uang baru pada peringatan setahun invasi Rusia ke negaranya.
Uang baru Ukraina edisi setahun invasi./Reuters
Uang baru Ukraina edisi setahun invasi./Reuters

Bisnis.com, SOLO - Pemerintah Ukraina merilis uang baru pada peringatan setahun invasi Rusia ke negaranya beberapa waktu lalu.

Jika dilihat, desain uang baru yang dirilis pemerintah Ukraina tersebut full menyindir invasi yang dilakukan Kremlin ke negaranya

Uang baru Kyiv tersebut memiliki nominal 20-hryvnia ($ 0,54). Pada satu sisi uang kertas itu tergambar tiga tentara mengibarkan bendera nasional.

Sementara pada sisi lain, ditampilkan gambar dua tangan yang diikat dengan selotip. Bukan tanpa alasan desainer memilih desain ini.

Dua tangan diikat dengan selotip merupakan sebuah kiasan yang jelas soal kejahatan perang yang dituduhkan Kyiv oleh pasukan Rusia di Ukraina.

"Untuk menandai peringatan perang, kami memutuskan untuk meluncurkan uang kertas peringatan yang akan menggambarkan pada selembar kertas kecil satu tahun emosi, pola, konten, dan hal-hal ikonik," kata Andriy Pyshnyi, Gubernur Bank Nasional Ukraina.

Pyshnyi mengatakan bahwa uang baru itu berisi fitur keamanan inovatif dan terkini dari teknologi keamanan yang dipakai pemerintah Kyiv.

Menurut pejabat bank sentral Ukraina, dibutuhkan waktu sekitar delapan bulan untuk merancang dan memproduksi uang kertas tersebut.

Bank Ukraina memang telah merencanakan perilisan uang baru ini dari dulu. Desainnya juga sudah dipilih sedemikian rupa untuk menyindir sekaligus mengabadikan perjuangan militer Ukraina selama perang dengan pasukan Kremlin.

Meski sudah setahun perang, namun Ukraina dan Rusia tampaknya belum dekat dengan kata damai.

Bahkan, muncul kabar baru jika Vladimir Putin akan menggunakan strategi berbeda untuk semakin mendesak Ukraina. Salah satu strategi yang tengah dimatangkan oleh pemerintah Rusia adalah serangan berbasis udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper