Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pantauan Fenometer: Elektabilitas Digital Ganjar Pranowo dan PDIP Teratas

Fenometer mengandalkan data monitoring digital yang memantau percakapan warganet di kanal media sosial Twitter, Instagram, Youtube, Facebook, dan News Online.
Hasil pemantauan digital Fenometer terkait elektabilitas partai politik/Istimewa
Hasil pemantauan digital Fenometer terkait elektabilitas partai politik/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA- Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi nama yang memiliki elektabilitas digital tertinggi pada Januari 2023. Hal ini berdasarkan pemantauan cerdas digital yang dilakukan oleh Fenometer selama kurun waktu 1 hingga 31 Januari 2023.

Teguh Handoko selaku founder Fenometer mengatakan data monitoring cerdas digital ini diperoleh dari hasil pemantauan percakapan warganet di kanal-kanal media sosial seperti Twitter, Instagram, Youtube, Facebook, dan News Online.

“Metodologi pengumpulan data percakapan didapatkan dari publik atau netizen melalui unggahan pada kanal Twitter, Instagram, Youtube, Facebook, News Online, dan Blog di Indonesia dengan menggunakan engine saat melakukan crawling dan set up project. Selanjutnya engine akan mengkategorikan menjadi sentimen positif, negatif dan netral,” ujar Teguh pada Rabu (9/2/2023).

Kemudian, katanya, data terkumpul itu dianalisa sentimen secara otomatis (Engine) serta Admin Cleansing (Human) dengan tingkat akurasi hingga 92 persen. Sedangkan untuk metodologi data analisis, penentuan sentimen positif dan negatif dari analisa secara kualitatif berisi percakapan dengan konteks meningkatkan citra yang baik masing-masing kandidat di mata warganet.

“Penentuan sentimen negatif dari analisa secara kualitatif berisi percakapan dengan konteks membangun citra buruk, menimbulkan kontroversi dan kegaduhan atau informasi hoax terkait kandidat. Penentuan sentimen netral dari Analisa secara kualitatif berisi percakapan dengan konteks tidak berpengaruh terhadap citra, tidak berpotensi menjadi viral dan menyebabkan kontroversi bagi kandidat,” tambah Teguh.

Dari hasil metodologi pengumpulan data dan metodologi data analisis, Teguh memaparkan bahwa Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas digital yang cukup tinggi selama bulan Januari 2023. Teguh juga menyebut, Gubernur Jawa Tengah tersebut memiliki tingkat persentase elektabilitas digital yang tinggi dibandingkan dengan Ridwan Kamil dan Prabowo Subianto.

Selama periode Januari 2023, meskipun percakapan seputar Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto lebih banyak dibandingkan dengan Ganjar Pranowo, namun Gubernur Jawa Tengah tersebut memiliki elektabilitas digital lebih tinggi bila dibandingkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Prabowo Subianto. Hasil pemantauan kami menyebutkan, Ganjar Pranowo memiliki persentase elektabilitas digital sebesar 18,54 persen, disusul Ridwan Kamil sebesar 16,34 persen dan Prabowo Subianto sebesar 15,25 persen,” ungkap Teguh.

Lebih lanjut, Teguh juga menambahkan selama Januari 2023, Ridwan Kamil menjadi kandidat yang memperoleh Reach terbesar. Hal ini menunjukkan banyaknya akun-akun dengan follower besar dan juga media online yang turut serta menyebarkannya berita-berita atau percakapan-percakapan seputar Ridwan Kamil.

“Berdasarkan data, percakapan seputar Ridwan Kamil atau Kang Emil menghasilkan Reach sebesar 350.055.200, Prabowo Subianto sebesar 335.654.031 dan Ganjar Pranowo sebesar 303.003.293,” tambahnya. 

Sementara itu untuk kategori Partai Politik, hasil pemantauan Fenometer di bulan Januari 2023 menunjukkan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki elektabilitas digital tertinggi dibandingkan Partai Demokrat dan Partai Gerindra.

“Selama bulan Januari 2023, elektabilitas digital PDIP sebesar 20,35%, Partai Demokrat 15,54% dan Partai Gerindra sebesar 13,61%. Tingginya elektabilitas digital PDIP pada Januari 2023 juga didorong banyaknya pendukung Puan Maharani dan Ganjar  Pranowo yang ikut aktif membicarakan bahwa Capres dari PDIP tidak harus Puan Maharani,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper