Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap Tentukan Capres, KIB Pantau Terus Elektabilitas Ganjar Hingga Sandiaga

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pantau elektabilitas sejumlah kandidat capres, di antaranya Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno.
Siap Tentukan Capres, KIB Pantau Terus Elektabilitas Ganjar Hingga Sandiaga. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Bisnis-Akbar
Siap Tentukan Capres, KIB Pantau Terus Elektabilitas Ganjar Hingga Sandiaga. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Bisnis-Akbar

Bisnis.com, JAKARTA - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terus memantau sejumlah kandidat kuat calon presiden (capres) untuk diusung di Pilpres 2024, di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno.

KIB sendiri merupakan koalisi yang terdiri dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). KIB sudah dideklarasikan sejak Mei 2022, namun hingga kini belum menentukan capres usungannya.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awi mengungkapkan nama-nama seperti Ganjar, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masuk dalam kandidat capres KIB.

"Contoh, misalkan kita memonitor perkembangan Pak Sandiaga Uno, Pak Erick Thohir, Pak Ganjar Pranowo dan juga beberapa tokoh lainnya, Prabowo misalkan," ungkap Awi saat ditemui di Kantor DPP PPP, Jakarta Pusat, Minggu (5/2/2023).

Dia mengatakan, nama-nama itu dimonitor elektabilitasnya. Selain itu, KIB juga mempertimbangkan kemungkinan sosok-sosok tersebut dicapreskan oleh parpol di luar koalisi.

"Semua kita monitor dan dipilah nanti ini calon yang diusung KIB siapa dan tidak diusung partai lain," jelas wakil ketua Badan Legislasi DPR itu.

Awi menegaskan, KIB tidak hanya akan menjadi koalisi yang menunggu koalisi atau partai politik lain menentukan capresnya. Menurutnya, KIB akan menjadi kompetitor dalam penentuan capres dari nama-nama yang ada sekarang ini.

"Bagi PPP, bagi KIB, kita ini serius. Kendaraan sudah ada, ibarat kendaraan ini siapa yang mau mengendarai, selanjutnya siapa yang mau jadi penumpangnya, penumpangnya bisa tahan banting atau tidak," ungkapnya.

Bahkan, Awi juga mengungkapkan Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas, dan Plt. Ketum PPP Muhamad Mardiono akan melakukan pertemuan pada pekan ini, meski belum ditentukan kapan hari pastinya.

Dia mengatakan, dalam pertemuan itu nantinya salah satu pembahasan utama terkait calon capres yang akan diusung KIB.

Awi mencontohkan, Mardiono akan menyampaikan kabar terbaru terkait komunikasi yang PPP lakukan dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Kan misalkan PPP sudah mendekati sama-sama Pak Erick Thohir dan Pak Sandiaga Uno. Ya tentu kita sampaikan seberapa besar peluangnya kita usung [jadi capres] di KIB. Itu tergantung hasil diskusi di KIB itu sendiri," jelas Awi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper