Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ukraina Minta Jet Tempur F-16, Begini Respons Negara-Negara Eropa dan Biden

Setelah tank, Ukraina meminta tambahan armada pesawat tempur F-16 untuk membantu mengusir tentara Rusia.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Bloomberg
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah negara Barat telah menyetujui pengiriman tank ke Ukraina. Namun demikian, Kyiv yang merupakan Ibu Kota Ukraina telah meminta tambahan armada yakni pesawat tempur F-16 untuk membantu mengusir tentara Rusia.

Dilansir dari Channelnewsasia, Amerika Serikat (AS) sebelumnya telah menolak permintaan dari Ukraina tersebut, namun beberapa negara Eropa tampak lebih terbuka dan bersedia untuk melakukan permintaan Ukraina.

Sebagaimana diketahui, Presiden AS Joe Biden pada Senin (30/1/2023) telah mengumumkan bahwa negeri Paman Sam ini menolak untuk memasok jet tempur ke Ibu Kota Ukraina.

"Tidak," katanya ketika ditanya oleh wartawan di Gedung Putih terkait permintaan Ukraina tersebut.

Namun demikian, keesokan harinya Joe sempat menyampaikan bahwa dirinya akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menindaklanjuti permintaan terbarunya tersebut.

Berdasarkan catatan, Spanyol berencana mengirimkan sejumlah tank Leopard 2A4 buatan Jerman ke Ukraina untuk membantu negara yang terus menerus mendapat serangan dari Rusia.

Negeri Matador tersebut berencana mengirimkan antara empat sampai enam tank, meskipun jumlah itu tergantung pada persediaan di gudang dan seberapa banyak negara lain yang akan memasok ke Ukraina. 

Meski demikian, sampai saat ini juru bicara Kementerian Pertahanan Spanyol belum memberikan konfirmasi lebih lanjut terkait rencana bantuan tersebut.

Ukraina memegang janji dari Barat bulan ini untuk memasok tank tempur untuk membantu menangkis invasi Rusia saat Moskow meningkatkan kekuatan militernya untuk membuat kemajuan tambahan di Ukraina timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper