Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keketuaan Indonesia di Asean pada 2023 Didukung Singapura

Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa Pemerintah Singapura memberikan dukungan penuh terhadap keketuaan Indonesia di Asean pada 2023 ini.
Keketuaan Indonesia di Asean pada 2023 Didukung Singapura. Wapres Maruf Amin / Setwapres
Keketuaan Indonesia di Asean pada 2023 Didukung Singapura. Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa Pemerintah Singapura memberikan dukungan penuh terhadap keketuaan Indonesia di Asean pada 2023 ini.

“Singapura juga mendukung Indonesia sebagai, yang menjabat keketuaan Asean, dan akan mendukung upaya-upaya dalam rangka menjadikan Asia Tenggara sebagai pusat ekonomi dan menjadi semacam pusat kekuatan ekonomi dunia,” tuturnya usai melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Singapura, Halimah Yacob, di Istana Presiden Singapura, Senin (16/1/2023).

Lebih lanjut Wapres RI Ke-13 ini mengatakan bahwa, selain membawa misi untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat ekonomi, secara khusus Indonesia juga akan berupaya untuk menjadi pusat produsen halal terbesar di dunia.

Oleh sebab itu, dia melanjutkan sebagai negara yang telah menjalin hubungan bilateral dengan Indonesia sejak lama, Wapres berharap Singapura dapat mendukung misi ini melalui investasi-investasi di bidang syariah.

“Saya ingin membangun, menyampaikan Indonesia akan membangun kerjasama dengan Singapura. Dan mengharapkan Singapura akan mengambil peran dalam, ikut berinvestasi di bidang produk halal Indonesia,” paparnya.

Menanggapi hal tersebut, Ma’ruf pun mengaku bahwa Presiden Singapura Halimah Yacob mengungkapkan antusiasmenya terhadap kerja sama di bidang ini. Dia menilai, kerja sama di bidang syariah memiliki potensi besar secara global.

“Singapura sangat merespons [baik] dan mengajak bahwa memang masalah produk halal ini tidak hanya sampai di tingkat Asean, tetapi memang juga punya pasar yang besar di tingkat global. Oleh karena itu, beliau juga sangat merespons dan ingin bekerjasama di bidang [halal/syariah],” imbuhnya.

Orang nomor dua di Indonesia ini pun kembali menekankan bahwa dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 60 menit tersebut, kedua pemimpin berkomitmen untuk semakin memperkuat hubungan baik antarnegara di segala bidang. 

“Di pertemuan itu saya menyampaikan bahwa Singapura merupakan mitra penting bagi Indonesia dan saya sampaikan bahwa Singapura dan Indonesia telah membangun kerja sama yang baik selama ini. Dan ini memperkuat kerja sama Indonesia-Singapura supaya lebih erat lagi,” pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper