Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Bansos Cair Tahun Ini: Subsidi Listrik, KIS, hingga Pangan

Berikut daftar bantuan sosial (bansos) yang cair di tahun 2023, mulai dari PKH hingga PIP.
Seorang warga di Jawa Barat menerima bantuan langsung tunai (BLT) yang diberikan oleh pemerintah selama pandemi Covid-19/Antara
Seorang warga di Jawa Barat menerima bantuan langsung tunai (BLT) yang diberikan oleh pemerintah selama pandemi Covid-19/Antara

Bisnis.com, SOLO - Pemerintah berencana melanjutkan program pemberian bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan pada 2023.

Beberapa bansos juga masih melanjutkan program dari tahun-tahun sebelumnya, salah satunya Bansos PKH dan Kartu Prakerja.

Mendaftar Kartu Prakerja pun kini memiliki syarat yang berbeda dari tahun lalu. Insentif yang diberikan mencapai Rp4,2 juta.

Di lain sisi, Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk pekerja disebut ditiadakan pada 2023.

Berikut daftar bansos yang cair pada 2023:

1. Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Masih melanjutkan program dari tahun lalu, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bansos untuk keluarga miskin yang diberikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dasar pangan.

Sebelumnya, kebutuhan pokok yang dapat diterima oleh masing-masing keluarga hanya terdiri dari komoditas beras dan telur.

Namun kini BPNT diberikan lebih bervariadi seperti jenis karbohidrat, sayuran hingga buah. Penerima BNPNT biasanya akan mendapatkan manfaat sebesar Rp200.000 per bulan untuk satu orang.

2. PKH

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan sosial yang dirancang oleh pemerintah Indonesia dengan tujuan untuk membantu keluarga yang kurang mampu dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan juga sosial mereka.

PKH meruopakan program bantuan langsung kepada masyarakat (BLM) yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2008.

Keluarga yang tercatat tidak mampu akan mendapat bantuan PKH sebesar Rp550 ribu untuk satu kartu keluarga (KK).

Selain itu, ada juga bantuan PKH untuk ibu hamil dan balita.

3. Bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Bantuan ini diberikan pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan untuk membayariuran BPJS. Sehingga nantinya apabila terdaftar dalam bansos ini, masyarakat tak lagi membayar iuran per bulan.

4. Subsidi Listrik

Pemerintah juga membuat program bansos subsidi listrik, yang diberikan kepada keluarga tidak mampu. Bansos ini memiliki tujuan agar mereka bisa membayar tarif listrik dengan harga lebih murah dari tarif normalnya.

Subsidi ini pun diberikann sesuai dengan daya listrik yang digunakan oleh masyarakat.

5. Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)

Bansos ini diberikan kepada siswa SD, SMP dan SMA yang memenuhi syarat. Siswa yang memenuhi syarat akan mendapat bantuan hingga Rp1 juta.

Selain itu, bantuan PIP juga ada yang diberikan dari Kementerian Agama. Bansos ini diperuntukkan untuk siswa MI, MTS dan MAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper