Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Erdogan Telepon Putin dan Zelensky Bahas Krisis Ukraina Hari Ini

Erdogan berencana berbicara dengan mitranya dari Rusia Vladimir Putin dan Ukraina, Volodymyr Zelensky pada hari ini.
Erta Darwati
Erta Darwati - Bisnis.com 04 Januari 2023  |  12:45 WIB
Erdogan Telepon Putin dan Zelensky Bahas Krisis Ukraina Hari Ini
Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin - The Moscow Times

Bisnis.com, JAKARTA - Juru bicara (Jubir) Presiden Turkiye, Ibrahim Kalin, mengatakan bahwa Presiden Turkiye, Recep Tayyip Erdogan berencana berbicara dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Ukraina, Volodymyr Zelensky pada hari ini, Rabu (4/1/2023).

Menurut Kalin, Erdogan bermaksud untuk fokus pada solusi krisis Ukraina dalam percakapan dengan presiden Rusia dan Ukraina.

"Presiden kami berencana untuk berbicara dengan Putin dan Zelensky melalui telepon," kata Kalin, seperti dilansir dari TASS, Rabu (4/1/2023).

Adapun sebelumnya, Kalin mengatakan bahwa Turkiye akan terus mengerahkan upaya untuk segera menyelesaikan konflik di Ukraina dalam perundingan dengan Rusia.

Selain itu, Turkiye juga akan mematuhi kebijakan dan mempertimbangkan untuk kepentingan nasional negaranya.

“Harganya dibayar tidak hanya oleh pihak-pihak yang bertikai, tetapi oleh kita semua bersama-sama. Berdasarkan hal tersebut, kita, seperti sebelumnya, akan terus berupaya demi mencapai perdamaian yang adil melalui pembicaraan," katanya.

Kalin menyatakan bahwa sejak awal invasi, negaranya telah menghormati kedaulatan Ukraina dan berupaya melakukan diplomasi.

"Sejak awal operasi khusus Rusia, kami telah berpegang pada kebijakan untuk menghormati integritas teritorial, kemerdekaan dan kedaulatan Ukraina dan menyelesaikan masalah melalui diplomasi dan mencegahnya lepas kendali," lanjutnya.

Lebih lanjut, Kalin mengungkap bahwa negaranya telah memberikan dukungan besar ke Ukraina dalam segala bidang, dan berupaya berdialog.

"Dengan menyediakan dukungan besar-besaran ke Ukraina di banyak bidang, kami secara bersamaan mengembangkan interaksi dan dialog dengan Rusia sejalan dengan kepentingan nasional kami," tambah Kalin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Recep Tayyip Erdogan vladimir putin Volodymyr Zelensky Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top