Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Papua Diguncang Gempa Beruntun, Paling Besar Magnitudo 6,3!

Gempa bumi beruntun mengguncang Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Selasa (3/1/2023).
Ilustrasi Gempa
Ilustrasi Gempa

Bisnis.com, JAKARTA— Gempa bumi beruntun mengguncang Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (3/1/2023).

Dikutip melalui akun Twitter @infoBMKG, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa beruntun tersebut tercatat terjadi sebanyak 5 kali dalam kurun satu jam pada Selasa (3/1/2023).

Pertama, gempa terjadi dengan magnitudo 3,7 yang terjadi di wilayah Papua yaitu 105 Km timur laut Keerom pada pukul 17.24 WIB.

Kedua, gempa terjadi dengan kekuatan 6,3 magnitudo (M) di wilayah Papua, yaitu 645 kilometer timur laut Keerom dan berada di kedalaman 10 kilometer dengan lokasi 0,94 lintang utara dan 144,69 bujur timur yang terjadi pada pukul 17.28 WIB.

Ketiga, gempa selanjutnya terjadi pada pukul 17.29, di mana BMKG mencatat gempa dengan 3,5 M juga melanda Keerom, Papua yang berada di titik 103 Km timur laut Keerom.

Keempat, Gempa tercatat mengguncang lokasi Keerom pada pukul 18.15 WIB dengan magnitudo 2,9 dengan lokasinya berada di titik 93 Km barat laut Keerom dengan kedalaman 10 Km.

Terakhir, gempa yang mengguncang Keerom terjadi pada pukul 18.20 WIB dengan 3,2 M terjadi di lokasi 118 Km timur laut Keerom, Papua.

Sementara itu, BMKG turut memberi pernyataan bahwa dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan ada kemungkinan belum akurat kecuali telah dianalisis ulang seismolog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper