Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Italia Telepon Zelensky, Tegaskan Kembali Dukungan Penuh untuk Ukraina

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni menelpon Zelensky untuk menegaskan kembali dukungan penuh pemerintah Italia untuk Ukraina.
Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.
Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni.

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni pada Selasa (27/12/2022) menelpon Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menegaskan kembali dukungan penuh pemerintah Italia untuk Ukraina.

Meloni yang mulai menjabat sebagai PM Italia sejak bulan Oktober 2022 lalu, telah menjadi pendukung kuat Kyiv, meski timbul masalah dalam koalisi penguasa dan opini publik.

"Meloni memperbarui dukungan penuh pemerintah Italia untuk Kyiv di bidang politik, militer, ekonomi dan kemanusiaan, untuk memperbaiki infrastruktur energi dan bekerja untuk rekonstruksi masa depan Ukraina," kata keterangan dari kantor Meloni.

Adapun sebelumnya Zelensky dalam cuitannya di Twitter pada Selasa (27/12/2022) berterima kasih kepada Meloni atas solidaritas dan dukungan komprehensif untuk negaranya.

Selain itu, juga menyampaikan bahwa Italia sedang mempertimbangkan dalam menyediakan sistem pertahanan udara untuk Kyiv, Ukraina, seperti dilansir dari Channel News Asia, Rabu (28/12/2022).

Pada pekan lalu, Zelensky dalam pidatonya kepada sekelompok pemimpin Barat, meminta berbagai macam senjata dan sistem pertahanan udara untuk membantu negaranya dalam upaya melawan invasi Rusia.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Italia, Guido Crosetto telah mengonfirmasi bahwa Kyiv telah meminta sistem pertahanan udara dari Roma, termasuk sistem SAMP/T Prancis-Italia.

Lebih lanjut, dalam pemerintahan Perdana Menteri sebelumnya, Mario Draghi, Italia telah mengirim 5 paket bantuan ke Kyiv termasuk perlengkapan militer.

Adapun saat ini dalam pemerintahan Meloni, sedang dilakukan pengerjaan kemungkinan untuk pengiriman paket bantuan yang ke-6.

Kantor Meloni mengatakan pada Selasa (27/12/2022) bahwa ia telah mengkonfirmasi niatnya untuk mengunjungi Kyiv dan mengundang Zelensky untuk datang ke Roma.

Adapun Zelensky mengunjungi Amerika Serikat (AS) pada 24 Februari lalu, dalam perjalanan luar negeri pertamanya sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper