Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Sertijab dari Jenderal Andika Perkasa ke Panglima TNI Yudo Margono

Sertijab dilaksanakan dalam upacara militer, dari Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Laksamana TNI Yudo Margono.
Mengintip Sertijab dari Jenderal Andika Perkasa ke Panglima TNI Yudo Margono / Puspen TNI
Mengintip Sertijab dari Jenderal Andika Perkasa ke Panglima TNI Yudo Margono / Puspen TNI

Bisnis.com, JAKARTA - Serah terima jabatan (Sertijab) Panglima TNI dilaksanakan dalam upacara militer, dari Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Laksamana TNI Yudo Margono. Sertijab digelar di lapangan Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Selasa (20/12/2022).

Adapun serah terima jabatan itu terlampir dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tanggal 19 Desember 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Selain serah terima jabatan panglima TNI, dalam upacara militer itu juga dilakukan serah terima Ketua Umum Dharma Pertiwi dan IKKT dari Hetty Andika Perkasa kepada Veronica Yulis Prihayati Yudo Margono.

Saat serah terima tersebut dilakukan pengangkatan Ny. Veronica Yulis Prihayati Yudo Margono sebagai Ibu Asuh Wanita TNI Raksa Tri Anggana Tantri yang ditandai dengan penyematan PIN Emas Dharma Pertiwi dan IKKT PWA.

Jenderal TNI Andika Perkasa dalam upacara itu menyerahkan Panji-Panji (Tri Dharma Eka Karma) TNI kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan keduanya lalu menandatangani berita acara serah terima.

Tokoh penting yang hadir dalam Sertijab tersebut antara lain, Menko Polhukam RI Mahfud MD, Menhan RI Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus dan sejumlah anggota Komisi I DPR RI.

"Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto @prabowo menghadiri upacara serah terima jabatan (sertijab) Panglima TNI dari Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Laksamana TNI Yudo Margono di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12)," tulis Kementerian Pertahanan RI di Twitter @Kemhan_RI pada Selasa (20/12/2022).

Selanjutnya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan akan melanjutkan program yang telah dijalankan oleh Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Saya akan konsisten untuk melanjutkan program-program maupun pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh Jenderal TNI Andika Perkasa," katanya.

Selain itu, Laksamana TNI Yudo juga mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa Jenderal TNI Andika Perkasa selama menjabat sebagai Panglima TNI.

"Hal ini menjadi kebanggan bersama dan tentunya nanti akan saya lanjutkan di dalam saya menjabat sebagai Panglima TNI," lanjutnya.

Lebih lanjut, Laksamana TNI Yudo Margono mengaku bangga karena bisa menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Pertama pasti bangga karena tertinggi di TNI, namun kita memiliki beban dan tanggung jawab yang besar, tadinya saya hanya bertanggungjawab untuk Angkatan Laut, sekarang untuk TNI," tambahnya.

Sementara itu, Jenderal TNI Andika Perkasa mengaku lega karena dirinya telah menyelesaikan masa aktifnya di TNI.

"Saya merasa lega menyudahi dinas aktif di TNI, sejauh saya berusaha, penilaian itu bukan milik saya. Yang jelas saya dan istri sudah menyelesaikan tugas saya sampai akhir," lanjutnya.

Secara khusus, Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan dirinya juga akan memberikan masukan kepada Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono soal dinamika yang mungkin terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper