Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Rusia Lakukan Serangan Besar-besaran! Pabrik Senjata Ukraina Hancur Lebur

Pabrik senjata Ukraina berhasil terpaksa berhenti produksi karena serangan besar-besaran rudal Rusia.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  19:28 WIB
Rusia Lakukan Serangan Besar-besaran! Pabrik Senjata Ukraina Hancur Lebur
Beberapa kendaraan terbakar setelah Rusia meluncurkan rudal ke Ibu Kota Kyiv, Ukraina pada Senin (10/10/2022). Serangan ini meningkatkan esklasi perang Rusia vs Ukraina - The Moscow Times
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Rusia melakukan serangan besar-besaran terhadap sejumlah objek strategis di Ukraina dalam operasi khusus yang berlangsung Senin kemarin.

Laporan resmi Kementerian Pertahanan Rusia memaparkan bahwa pada tanggal 5 Desember, serangan rudal menyasar sistem komando dan kontrol militer, fasilitas kompleks pertahanan, dan fasilitas energi milik Ukraina.

“Target telah tercapai. Semua objek yang ditugaskan dipukul,” tulis laporan tersebut, Selasa (6/12/2022).

Pihak Rusia mengklaim bahwa sebagai akibat dari serangan tersebut, produksi dan perbaikan senjata Ukraina di perusahaan-perusahaan kompleks industri militer berhenti, transportasi kereta api untuk peralatan militer Ukraina, termasuk buatan luar negeri, terganggu.

“Pemindahan cadangan ke area pertempuran sulit dilakukan. Saya tekankan bahwa tidak ada serangan misil di kota Kyiv.”

Sementara itu, di arah Krasno-Limansky, pasukan Rusia melakukan operasi ofensif, dan berhasil memperoleh posisi baru. “Akibat tembakan artileri dan serangan penerbangan militer, lebih dari 80 prajurit Ukraina, dua tank, tiga kendaraan tempur lapis baja, dan dua truk pikap hancur,” ujarnya.

Di arah Kupyansk, tembakan artileri pendahuluan di area konsentrasi tenaga kerja Angkatan Bersenjata Ukraina mencegah upaya musuh untuk menyerang ke arah pemukiman Kuzemovka di Lugansk.

Adapun operasi ofensif pasukan Rusia terus mencapai hasil positif  ke arah Donetsk. Upaya Angkatan Bersenjata Ukraina untuk melakukan serangan balik unit Rusia di wilayah pemukiman Spornoye, Kurdyumovka dan Maryinka dari Republik Rakyat Donetsk berhasil dipukul mundur.

“Lebih dari 60 prajurit Ukraina dan lima kendaraan tempur lapis baja dihancurkan pada siang hari.

Di arah Selatan-Donetsk, Ukriana gagal memulihkan posisi yang hilang di wilayah permukiman Vladimirovka di Donetsk dan Novodarovka di wilayah Zaporozhye.  Pasukan Ukraina juga dihentikan oleh pesawat serbu dan tembakan artileri. Mereka dilempar kembali ke posisi semula.

Secara total, sejak awal operasi militer khusus, 340 pesawat, 180 helikopter, 2.634 kendaraan udara tak berawak, 391 sistem rudal antipesawat, 7.010 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 910 kendaraan tempur dari berbagai sistem peluncuran roket, 3.662 lapangan senjata artileri dan mortir, serta 7.484 unit kendaraan militer khusus Ukraina hancur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top