Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Alasan Erupsi Semeru Mustahil Picu Tsunami Hingga Jepang

Luncuran awan panas guguran (APG) Gunung Semeru tidak berpotensi menimbulkan tsunami Indonesia dan negara di sekitarnya.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  15:55 WIB
Alasan Erupsi Semeru Mustahil Picu Tsunami Hingga Jepang
Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar yang tampak dari Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (7/1/2022). ANTARA FOTO - Seno
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan bahwa luncuran awan panas guguran (APG) Gunung Semeru tidak berpotensi menimbulkan tsunami Indonesia dan negara di sekitarnya. 

Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menerangkan, hal ini dikarenakan Gunung Semeru merupakan jenis gunung api darat yang memiliki jarak yang cukup jauh dari lautan. 

"Dengan jarak yang cukup jauh dari laut itu, maka potensi letusan atau pyroclastic diperkirakan tidak akan sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami," terang Abdul dalam keterangan tertulis, Senin (5/12/2022). 

Selain itu, Abdul menjelaskan, letusan Gunung Semeru yang dikabarkan dapat memicu tsunami hingga ke Jepang itu juga dipatahkan dengan keberadaan gunung yang ada di selatan Jawa tersebut.

Menurut Abdul, posisi tersebut membuat longsoran yang berasal dari aktivitas vulkanik akan sulit untuk menjangkau negara lainnya, termasuk Jepang karena telah terhalang oleh gugusan pulau-pulau di Indonesia. 

"Berdasarkan analisa tersebut, kabar yang beredar tentang letusan Gunung Semeru akan menyebabkan tsunami hingga ke Jepang dapat dipastikan tidak tepat," tegas Abdul. 

Sebelumnya, peringatan tsunami akibat muntahan awan panas Gunung Semeru pertama kali dikeluarkan oleh BMKG Jepang. Mereka menyebut bahwa erupsi Semeru berpotensi untuk memicu tsunami di beberapa titik di Jepang, seperti daerah pesisir pulau di prefektur Okinawa. 

Hal tersebut berkaca pada kasus letusan Gunung Berapa bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai di Tonga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb Gunung Semeru
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top