Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina, Miris! 6 Juta Warga Ukraina Hidup Di Tengah Kegelapan

Pemadaman listrik terus berlanjut di sebagian besar wilayah dan di Kyiv, Ukraina. Sebelumnya, pada Rabu malam, hampir 12 juta pemukiman terputus,"
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 26 November 2022  |  13:41 WIB
Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina, Miris! 6 Juta Warga Ukraina Hidup Di Tengah Kegelapan
Beberapa kendaraan terbakar setelah Rusia meluncurkan rudal ke Ibu Kota Kyiv, Ukraina pada Senin (10/10/2022). Serangan ini meningkatkan esklasi perang Rusia vs Ukraina - The Moscow Times
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perang Rusia vs Ukraina memasuki hari ke-276. Gencatan Rusia terhadap infrastruktur energi menyebabkan warga Ukraina hidup di tengah kegelapan karena adanya pemadaman listrik bergilir.

Dilansir The Guardian, Sabtu (26/11/2022) Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky melaporkan bahwa hingga saat ini, lebih dari 6 juta warganya masih hidup tanpa aliran listrik.

"Sampai hari ini, setelah Rusia menyerang infrastruktur energi negara, terdapat lebih dari 6 juta pemukiman warga di Ukraina yang masih terkena dampak pemadaman listrik," kata Zelensky, dikutip dari The Guardian, Sabtu (26/11/2022).

"Tugas utama di hari dan minggu ini adalah energi. Hingga sekarang ini, pemadaman listrik terus berlanjut di sebagian besar wilayah dan di Kyiv. Sebelumnya, pada Rabu malam, hampir 12 juta pemukiman terputus," sambung Zelensky.

Di samping itu, para teknisi terus dikerahkan untuk memperbaiki trafo dan jalur transmisi yang rusak atau hancur akibat rudal jelajah yang jatuh pada Rabu (23/11/2022).

Zelensky mengatakan bahwa sebagian besar masalah energi saat ini ditemukan di Kyiv, Odesa, Lviv, Vinnytsia, dan Dnipropetrovsk.

Lebih lanjut, Zelensky meminta kepada warga yang tidak terkena pemadaman listrik agar lebih berhemat dalam menggunakan listrik, mengingat presiden Ukraina itu mendapati adanya laporan mengenai lonjakan listrik di sejumlah wilayah.

“Tolong, di semua daerah, seperti sebelumnya, konsumsi listrik harus hemat. Jika kalian tidak mengalami pemadaman, bukan berarti masalah telah teratasi," sebut presiden Ukraina itu.

"Lonjakan konsumsi listrik dicatat setiap malam, inilah yang menyebabkan peningkatan pemadaman darurat. Sekarang, seperti sebelumnya, perlu dilakukan penghematan energi,” tambahnya.

Sementara itu Walikota Kyiv, Vitaly Klitschko, mengatakan bahwa sekitar 60 persen pemukiman di wilayah yang berpenduduk 3 juta jiwa itu tidak memiliki listrik, dan terus mengalami pemadaman bergilir.

Rangkaian peristiwa perang Rusia vs Ukraina hari ke-276:

– UE akan tingkatkan dukungannya untuk Ukraina

Kepala komisi Eropa mengatakan bahwa Uni Eropa (UE) akan meningkatkan upaya demi memberikan dukungan untuk memulihkan dan mempertahankan listrik Ukraina.

Ursula von der Leyen mengatakan bahwa UE sedang mempersiapkan pengiriman sumbangan besar dari negara-negara UE dan dari cadangan Komisi Eropa.

– Serangan Rusia di Kherson tewaskan 15 warga Ukraina

Pejabat Kota Galyna Lugova mengatakan bahwa penembakan Rusia di kota Kherson, Ukraina selatan menewaskan setidaknya 15 warga sipil pada Jumat (25/11/2022). "Beberapa rumah pribadi dan bangunan lainnya telah rusak," sebutnya.

Kepala Administrasi Militer Kherson Yarovslav Yanushovich mengatakan bahwa pasukan Rusia telah menembaki daerah perumahan dengan beberapa peluncur roket.

– Presiden Hungaria akan temui Zelensky

Presiden Hungaria Katalin Novak sedang melakukan perjalanan ke Kyiv untuk bertemu dengan Volodymyr Zelensky.

Novak dikabarkan akan berangkat mengenakan kereta api melalui Polandia. Novak akan menjadi politisi Hungaria berpangkat tertinggi yang mengunjungi Zelensky sejak invasi Rusia berlangsung.

– Paus Fransiskus sarankan Ukraina membuat konsesi untuk menyudahi perang

"Para pemimpin Ukraina harus berpandangan jauh ke depan untuk mengamankan perdamaian, kata Paus Fransiskus.

Selain itu dia juga menyarankan bahwa Kyiv perlu membuat konsesi untuk mengakhiri perang dengan Rusia. 

Dalam sebuah surat terbuka yang dirilis pada hari Jumat (25/11/2022) untuk memperingati sembilan bulan perang, paus memuji kekuatan Ukraina dalam menghadapi serangan gencar Rusia.

“Dunia telah mengenali orang-orang yang berani dan kuat, orang-orang yang menderita dan berdoa, menangis dan berjuang, semoga orang-orang yang mulia dan mati syahid," pungkasnya.

– Empat insfratruktur nuklir Ukraina berhasil terhubung ke jaringan listrik

Badan energi atom internasional mengatakan bahwa terdapat sebanyak empat pembangkit listrik tenaga nuklir Ukrain yang telah berhasil dihubungkan kembali ke jaringan listrik nasional 

"Semua fasilitas terputus dari jaringan pada hari Rabu (23/11/2022), ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah Ukraina setelah gelombang terbaru serangan udara Rusia terhadap infrastruktur vital," ungkapnya.

Badan pengawas nuklir itu mengatakan bahwa Ukraina telah menginformasikan bahwa pembangkit Rivne, Ukraina Selatan dan Khmelnytskyy telah dihubungkan kembali. "Ukraina menyambung kembali pabrik Zaporizhzhia yang luas pada Kamis," sebutnya.

– Diplomat UE akan mendiskusikan kesepakatan batasan harga ekspor minyak Rusia

Pemerintah Eropa sejauh ini dilaporkan telah gagal menyepakati harga ekspor minyak Rusia menjelang batas waktu 5 Desember.

Proposal G7 untuk batas atas $65-$70 per barel dianggap terlalu tinggi oleh beberapa pihak, kemudian dianggap terlalu rendah oleh sebagian pihak lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perang Rusia Ukraina Volodymyr Zelensky Ukraina Rusia
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top