Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cak Imin Ungkap 5 fokus PKB Jelang Pemilu 2024, Apa Saja?

PKB memiliki 5 fokus khusus untuk mempersiapkan langkah politiknya menjelang Pemilu 2024.
Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. JIBI/Bisnis - John Andi Oktaveri
Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. JIBI/Bisnis - John Andi Oktaveri

Bisnis.com, JAKARTA— Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengungkapkan 5 masalah yang menjadi fokus partainya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Minggu (30/10/2022).

Menurutnya beberapa poin tersebut merupakan kesimpulan yang diperoleh dari pertemuan internal kadernya dua hari yang lalu.

“Saya ingin menyampaikan hasil itu sebagai berikut, pertama keputusan rapat koordinasi dan konsultasi memutuskan perjuangan paling pendek untuk 2024. Dimulai dengan bertekad total nanti tahun 2023 PKB wajib memperjuangkan dan menyukseskan program listrik gratis untuk orang miskin,” kata Cak Imin dalam acara PKB Road To Election 2024 di Tennis Indoor Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2022).

Cak Imin meneruskan partainya juga ingin menyukseskan program subsidi pupuk untuk petani. Menurutnya petani dengan kepemilikan lahan 0,5 hektare akan mendapatkan subsidi 100 persen.

“Pupuk harus tersedia di depan mata. PKB harus bisa dan Insya Allah bisa. Yang kedua, untuk pemilik lahan setengah hektare mendapatkan subsidi 100 persen pupuk dari Pemerintah,” katanya.

Tidak hanya itu, Cak Imin juga mengatakan bahwa partainya berharap dapat menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) khusus untuk pengguna sepeda motor dan angkutan umum. Adapun menurutnya apabila dihitung anggarannya mencapai Rp267 Triliun per tahun.

“Ada duitnya, enggak masalah,” katanya menambahkan.

Keempat, Cak Imin mengatakan partainya akan memberikan bantuan untuk kaum muda tanpa bunga. Pasalnya, Indonesia akan memasuki puncak bonus demografi pada 2030. Jumlah penduduk usia produktif akan lebih banyak dibandingkan usia non produktif.

“Jadi kita hanya punya waktu tujuh tahun memiliki kesempatan mengupdate total seluruh energi dan kekuaran kaum muda. Ada banyak program. Salah satu real bisa dilaksanakan adalah memberikan bantuan modal tanpa agunan dan tanpa bunga untuk pengusaha muda,” ungkapnya.

Terakhir, Cak Imin mengatakan bahwa hasil hitungan diskusi dan kalkulasi pertemuan juga mengungkapkan partainya ingin menaikkan dana pensiun untuk TNI dan Polri.

“Serta para pejuang pejuang yang menjadi pelayan bangsa. Itulah poin-poin yang ingin saya sampaikan. Dan itulah yg menjadi keputusan konsilidasi PKB beberapa hari ini. Dan Alhamdulillah pak Prabowo menyaksikan. Ini sekaligus kita mau koalisi, ya ini juga harus diperjuangkan dalam kebersamaan koalisi yang akan datang,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper