Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Baswedan Temui Habib Novel di Solo, Diberi Hadiah Tongkat Tanduk Rusa

Anies Baswedan diberi hadiah tongkat tanduk rusa saat temui Habib Novel di Pasar Kliwo, Solo.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Bisnis-Pernitas Hestin Untari
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Bisnis-Pernitas Hestin Untari

Bisnis.com, SOLO - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pergi ke Solo pada Jumat (28/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Anies mengunjungi Pondok Pesantren Ar Raudhah, Pasar Kliwon, Solo, dan bertemu dengan Habib Novel Alaydrus.

Anies mengaku kunjungannya ke Solo hanya untuk menghadiri undangan teman yang sedang menikahkan anaknya.

"Teman ada yang menikahkan anaknya, saya diundang, saya hadir," ucapnya di depan awak media, dikutip dari Tempo.

Selain menghadiri hajatan temannya, Anies juga menyempatkan diri ziarah ke makam Habib Anis bin Alwi al Habsyi.

"Saya cuma sowan, juga menunggu azan Jumat sekaligus silaturahmi sekalian. Saya lama tidak ketemu beliau (Habib Novel). Jadi tujuan kami tadi silaturahmi, kemudian salat Jumat sama-sama, selesai, makan sebentar, terus pamit," lanjutnya.

Anies yang bakal diusung oleh Partai Nasional Demokrat atau Nasdem sebagai calon presiden di Pemilu 2024 itu mengaku, kali terakhir bertemu dengan Habib Novel sebelum pandemi Covid-19.

"Alhamdulilah saya bersyukur sekali siang hari ini bisa bersilaturahmi, bisa bertemu dengan Habib Novel. Tadi kita dengarkan nasehat beliau. Sebagai orang yang menjadi rujukan, kita mendoakan beliau selalu sehat, dipanjangkan umurnya, dimudahkan dalam semua kegiatan dakwahnya, dan terus jadi teladan bagi kita semua," tuturnya lagi.

Untuk pertemuan dengan Habib Novel, Anies mengatakan ia hanya mengobrol santai sembari diberi nasehat. Ia juga membantah ada pembahasan soal pencapresan (pencalonan presiden).

"Ya obrolannya santai tapi penuh nasehat, penuh hikmah. Tidak ada yang khusus, semua hikmah," kata Anies.

Dalam kesempatan itu, Habib Novel memberikan hadiah untuk Anies berupa tongkat tanduk rusa. Anies mengaku senang dengan pemberian itu karena dinilainya itu unik.

"Saya senang dapat tongkat ini. Dari tanduk rusa yang tidak dipotong tapi lepas sendiri dari kepalanya. Ini unik. Saya bawa ini, terima kasih. Insya Allah jadi hikmah buat kita," ucapnya.

Adapun Habib Novel mengatakan senang menyambut kedatangan Anies. Ia menjelaskan pemberian tongkat tanduk rusa kepada Anies sebagai hadiah.

"Sebagai manusia harus siap menerima siapa pun tanpa pandang bulu. Dan sebagai orang yang beriman, ketika ada tamu yang datang tentu harus memuliakan tamunya. Dan ini salah satu cara saya memuliakan tamu, tongkat ini juga merupakan sunah nabi," kata Habib Novel.

Sementara itu, saat disinggung mengenai kesibukannya selepas purna tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies mengatakan sempat ke Balikpapan untuk serah terima jabatan Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia atau APPSI.

"Saya ketuanya (APPSI), karena saya selesai tugas sebagai gubernur maka diteruskan oleh wakil ketua yaitu Gubernur Kalimantan Timur," kata dia.

Selepas kunjungannya ke Pondok Pesantren Ar Raudhah itu, Anies mengatakan ia hanya akan mampir ke salah seorang kerabat atau familinya lantas pulang ke Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper