Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: Saya Senang Kerja Diam, Tapi Jadi

Jokowi menyebut senang dengan sosok yang bekerja dengan diam dan memiliki hasil dibanding banyak bicara tetapi hasilnya tidak ada.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 07 Oktober 2022  |  19:44 WIB
Jokowi: Saya Senang Kerja Diam, Tapi Jadi
Presiden Joko Widodo (dua kanan) didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (kiri), Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Zainudin Amali (dua kiri) dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) memberi keterangan kepada wartawan usai meninjau lokasi kerusuhan di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (5/10/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut senang dengan sosok yang bekerja dengan diam, tapi memiliki hasil dibanding banyak bicara tetapi hasilnya tidak ada.

Jokowi menyampaikan hal itu saat meresmikan pabrik biofarmasi PT Etana Bioteknologi Indonesia di kawasan industri Pulo Gadung, Jumat (7/10/2022). Presiden menyambut baik perusahaan itu memproduksi vaksin dengan platform mNRA. Apalagi, vaksin tersebut merupakan produksi yang pertama di Asia Tenggara.

“Kita tak mau lagi ada pandemi ke depan, tetapi [apabila ada] di dalam negeri siap industrinya, paling tidak kita jadi lebih tenang,” ujarnya saat meresmikan pabrik biofarmasi di Kawasan Industri Pulo Gadung Jumat (7/10/2022).

Jokowi melanjutkan, bahwa Direktur Utama PT Etana Biotechnologies Indonesia (Etana) Nathan Tirtana menjelaskan dalam dua bulan vaksin baru dengan sebutan mNRA tersebut sudah bisa uji klinis.

“Ini sangat cepat sekali dan yang saya senang, kerjanya diam-diam, saya sendiri tidak tahu, tetapi tahu-tahu jadi. Ini yang saya senang kayak gini. Bukan yang ngomong terus, tetapi saya tunggu kok tidak jadi-jadi. Ini diam-diam langsung jadi itu yang saya senang,” tuturnya.

Untuk diketahui, vaksin berbasis mRNA merupakan vaksin yang dikembangkan untuk menangani atau mencegah penyebaran Covid-19.

Vaksin tersebut berbeda dengan jenis vaksin lainnya. Biasanya vaksin mengandung virus atau kuman penyebab penyakit yang telah dilemahkan atau dimatikan. 

Tidak Menggunakan Virus

Vaksin mRNA tidak menggunakan virus atau kuman yang dilemahkan atau dimatikan, melainkan komponen materi genetik yang direkayasa agar menyerupai kuman atau virus tertentu.

Oleh sebab itu, Jokowi pun berharap kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin agar dapat mendukung apabila hadir industri serupa ke depannya.

“Saya harap agar industri seperti PT Etana ini benar-benar didukung. Kemenkes juga mendukung. Bukan hanya di bioteknologi, biofarmasi, sehingga nantinya bisa masuk ke hewan bisa masuk ke tanaman, sehingga semuanya kita memiliki kemandirian dan betul-betul bisa berdikari,” katanya.

Jokowi melakukan peresmian pabrik biofarmasi di kawasan industri Pulo Gadung Jumat (7/10/2022).

“Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan yang baik ini dan dengan mengucap bismillah saya resmikan pabrik farmasi PT. Etana Biotechnologies Indonesia,” pungkas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Vaksin Covid-19 farmasi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top