Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berkas Lengkap, Putri Candrawathi Ditahan atau Tidak?

Kejagung belum memastikan penahanan Putri Candrawathi (PC) selaku tersangka kasus dugaan pembunuhan
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 28 September 2022  |  16:15 WIB
Berkas Lengkap, Putri Candrawathi Ditahan atau Tidak?
Gedung Kejaksaan Agung Republik Indonesia di Jakarta. - Bisnis/Samdysara Saragih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) belum memastikan penahanan Putri Candrawathi (PC) selaku tersangka kasus dugaan pembunuhan berencana Brigadir Yoshua atau Brigadir J, meskipun berkas perkara sudah lengap atau P-21.

Jaksa Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana mengatakan bahwa sesuai kitab undang undang hukum acara pidana (KUHAP) diatur jenjang untuk dilakukan penahanan.

“Untuk PC dalam Kuhap diatur jenjang penahanan. Untuk kepentingan penyidikan, penyidik berwenang melakukan penahanan selama 20 hari ke depan dan dapat di perpanjang. Begitu juga penuntut umum berwenang melakukan penanganan selama 20 hari dan dapat diperpanjang sesuai perundangan," tutur Zumhana di Kejagung, Rabu (27/9/2022).

Akan tetapi, Fadil belum memastikan apakah Putri Chandrawathi akan ditahan atau tidak, karena hal itu merupakan kewenangan dari jaksa penuntut umum (JPU).

“Tetapi tentang ditahan tidaknya seseorang ada alasan objektif dan subjektif. Itu kewenangan sepenuhnya JPU. Nanti lihat perkembangan," pungkasnya

Sekadar informasi, Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan bahwa berkas perkara Ferdy Sambo dan empat tersangka lainnya dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Yoshua atau Brigadir J dinyatakan sudah lengkap atau P-21.

Jaksa Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana mengatakan bahwa berkas perkara kelima tersangka atas nama FS, PC, RR, RE dan KW dinyatakan lengkap.

“Saya baru menerima info bahwa persyaratan formil dan materil telah terpenuhi, sehingga perkara ini hari ini kami nyatakan lengkap untuk kasus permbunuhan berencana,” ujar Fadil di Kejagung, Rabu (28/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pembunuhan Brigadir J Putri Candrawathi Kejaksaan Agung
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top