Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Efek Perang Rusia-Ukraina: Harga Gas Eropa Diperkirakan Naik Jelang Musim Dingin

Presiden Ukraina Zelensky memperingatkan kemungkinan terburuk usai Moskow kembali menyetop aliran gas ke Eropa.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 05 September 2022  |  12:27 WIB
Efek Perang Rusia-Ukraina: Harga Gas Eropa Diperkirakan Naik Jelang Musim Dingin
Tim penyelamat berada di lokasi pusat perbelanjaan yang terkena serangan rudal Rusia di Kremenchuk, di wilayah Poltava, Ukraina, Senin (27/6/2022). Reuters - Anna Voitenko
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sentimen polemik geopolitik antara Rusia dan Ukraina tak hanya berdampak pada negara yang tengah berperang saja. Melainkan, dampak krisis ekonomi hingga krisis energi juga dirasakan secara global terutama oleh negara-negara Eropa.

Beberapa waktu belakangan tepatnya pada Rabu (31/8/2022) Rusia dilaporkan kembali menyetop pasokan gas melalui pipa Nord Stream 1 ke Eropa dengan alasan tengah melakukan perbaikan pada pipa terkait. 

Berbeda dengan pernyataan sebelumnya, Rusia menjanjikan pasokan gas ke Eropa akan kembali mulai beroperasi pada sabtu (3/9/2022), tetapi hingga kini belum ada laporan lanjutan terkait perealisasian janji tersebut.

Menanggapi siasat pukulan energi yang dilancarkan oleh Rusia tersebut, beberapa ahli memproyeksikan akan adanya kenaikan harga energi di Eropa terutama jelang musim dingin. Secara lebih lanjut, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky juga memperingatkan kemungkinan terburuk usai Moskow kembali menyetop aliran gas ke Eropa.

Dilansir dari The Guardian, berikut rangkuman perang Rusia vs Ukraina pada Senin (5/9/2022):

Zelensky Klaim Kemajuan Serangan Pasukan Ukraina

Ukraina telah membuat kemajuan dalam serangan balasan yang baru-baru ini diluncurkan. Volodymyr Zelensky mengungkapkan bahwa pasukannya berhasil kembali mengambil dua pemukiman di selatan, ketiga di timur, serta beberapa wilayah tambahan di timur Ukraina. 

"Bendera Ukraina kembali ke tempat di mana mereka seharusnya berada di sebelah kanan," jelasnya dalam sebuah pidato yang disampaikan pada Minggu malam (4/9/2022).

Secara lebih lanjut, Kyrylo Tymoshenko selaku wakil kepala kantor kepresidenan, memposting gambar tentara yang mengibarkan bendera Ukraina di atas sebuah desa yang diduga berada di selatan Ukraina (Vysokopilly. wilayah Kherson). 

Rusia Bagikan Situasi Terkini di Sekitar Pembangkit Nuklir Zaporizhzhia

Pihak berwenang Rusia mengatakan situasi di sekitar pembangkit nuklir Zaporizhzhia yang diduduki Rusia di Ukraina selatan terpantau tenang pada Minggu (4/9/2022), setelah sebelumnya inspektur PBB mengatakan bahwa mereka kembali kehilangan kekuatan eksternal. 

Untuk diketahui, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menyampaikan bahwa saluran listrik eksternal utama yang tersisa di pembangkit listrik tersebut dilaporkan diputus meskipun saluran cadangan terus memasok listrik ke jaringan tersebut. 

Secara lebih lanjut, IAEA menyampaikan bahwa hanya terdapat satu dari enam reaktor yang tetap beroperasi. 

Disamping itu, pejabat Rusia Vladimir Rogov mengatakan kepada radio Komsomolskaya Pravda bahwa tidak ada penembakan atau serangan. Pakar IAEA diperkirakan akan terus bekerja di pabrik itu setidaknya hingga Senin (5/9/2022), jelas Vladimir Rogov.

Para Ahli Perkirakan Adanya Lonjakan Harga Gas Eropa

Analis memperkirakan harga gas di Eropa akan melonjak ke rekor tertinggi  pada minggu ini setelah Rusia kembali menutup pasokan gas melalui pipa utama Nord Stream 1 ke Eropa. 

Banyak para ahli yang memperingatkan bahwa harga gas Eropa akan naik lebih lanjut ketika pasar dibuka pada hari Senin setelah Moskow membatalkan tenggat waktu Sabtu untuk aliran untuk melanjutkan melalui pipa Nord Stream 1 ke Jerman.

Zelensky Berikan Himbauan pada Eropa Terkait Prakiraan Krisis Energi

Zelenskiy memperingatkan Eropa untuk menghadapi musim dingin yang sulit setelah Moskow menutup pipa utama yang memasok gas Rusia ke benua itu. 

"Rusia sedang mempersiapkan pukulan energi yang menentukan pada semua orang Eropa untuk musim dingin ini," jelas Zelensky.

Demo Protes Krisis Energi Pecah di Praha

Ribuan orang berkumpul di Praha untuk memprotes tagihan energi yang melonjak dan menuntut diakhirinya sanksi terhadap Rusia atas perang di Ukraina. 

Sekitar 70.000 elemen sayap kanan dan ekstrem kiri bersatu pada rapat umum "Republik Ceko Pertama" untuk menyerukan kesepakatan baru dengan Moskow mengenai pasokan gas dan penghentian pengiriman senjata ke Ukraina pada Minggu (4/9/2022).

Sutradara Film The Kiev Trial Tantang Pertanggung Jawaban Rusia atas Kejahatan Sejarah yang Sempat Dilakukan oleh Uni Soviet

Sergei Loznitsa selaku sutradara film documenter, The Kiev Trial menyatakan abhwa Rusia harus diadili atas kejahatan sejarah yang sebelumnya pernah dilakukan oleh Uni Soviet. 

Secara lebih lanjut, Loznitza mengatakan perlu ada penyesalan atas kesalahan masa lalu. “Sejarah berulang ketika kita tidak belajar dari sejarah, ketika kita tidak mempelajarinya dan tidak ingin tahu apa yang terjadi dengan kita,” ungkapnya.

PM Ukraina Sampaikan Rasa Terima Kasihnya pada Jerman

Perdana Menteri Ukraina berterima kasih kepada Jerman atas solidaritasnya dalam menghadapi invasi Rusia sambil menyerukan lebih banyak senjata, sebagai tanda meredakan ketegangan antara Berlin dan Kyiv. 

Denys Shmyhal, yang disambut oleh kanselir Jerman, Olaf Scholz, dengan penghormatan militer di Berlin pada Minggu (4/9/2022), adalah pejabat Ukraina paling senior yang mengunjungi ibukota Jerman dalam beberapa bulan.

Kanselir Jerman, Olaf Scholz Sampaikan Akan Hentikan Pasokan Gas Rusia di Akhir tahun.

Pemerintah Jerman telah merencanakan penghentian total pengiriman gas pada bulan Desember mendatang dan menjanjikan langkah-langkah untuk menurunkan harga serta mengikat manfaat sosial dengan inflasi. 

“Rusia bukan lagi mitra energi yang dapat diandalkan,” kata Scholz dalam konferensi pers di Berlin. Sebagai tanggapan, mantan presiden Rusia Dmitry Medvedev menuduh Jerman sebagai musuh Rusia. “Dengan kata lain, itu telah mendeklarasikan perang hibrida terhadap Rusia,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perang Rusia Ukraina perang Rusia Ukraina
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top