Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kandungan Surat Al Isra Ayat 32 Lengkap, Tentang Perzinaan

Surat al isra ayat 32 memberi petunjuk untuk umat islam agar menjauhi zina, karena akan mendapatkan dosa besar dan dicampakkan oleh Allah SWT.
Ilustrasi berdoa setelah membaca Al-Quran/nu.or.id
Ilustrasi berdoa setelah membaca Al-Quran/nu.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Surat Al Isra ayat 32 merupakan surat yang berisikan tentang perbuatan zina yang menjadi salah satu dosa terbesar dalam Islam. Surat ini mengatur larangan bagi selurut umat muslim agar tidak mendekati zina. 

Dalam surat Al Isra ayat 32 ini, Allah SWT melarang kepada semua hamba-Nya untuk melakukan perbuatan zina karena itu merupakan perbuatan yang keji dan dapat merusak kehormatan, hubungan rumah tangga, dan dapat menyebabkan perbuatan buruk lainnya. 

Salah satu penelitian menurut Repository Unisba yang menjelaskan kandungan surat Al Isra ayat 32 adalah tentang larangan mendekati zina. Bukan hanya anak, banyak pihak yang membantu menjauhkan seseorang dari zina. 

Misalnya, guru disarankan untuk dapat memberikan pendidikan seks terhadap anak didiknya dan begitu juga orang tua. tentunya harus sesuai dengan ajaran islam, yaitu yang terdapat dalam alquran dan hadits, karena Pendidikan seks merupakan bagian Pendidikan yang harus diberikan pada anak. 

Berikut ini surat al isra ayat 32 beserta maknanya yang dilansir dari berbagai sumber: 

Al isra ayat 32

Sebelum mengetahui isi kandungan surat Al Isra ayat 32, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu tafsirnya. Surat Al Isra ke 17 dalam alquran. Apa saja isi kandungan surat Al Isra ayat 32, berikut ini penjelasannya. 

Mayoritas surat Al Isra termasuk dalam kategori Makkiyah. Namun surat AL Isra ayat 32 merupakan ayat madaniyah. Demikian juga dengan ayat 26,57,73,74,75,76,77,78,79 dan 80 yang termasuk ayat-ayat madaniyah. 

Berikut ini isi surat AL-Isra ayat 32 beserta artinya: 

“Walaa taqrobuz zinaa, innahuu kaana faahisyataw wasaa, a sabiilaa”

Artinya: Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk (QS Al Isra:32)

Kandungan surat Al-Isra ayat 32

1. Allah SWT melarang mendekati zina. Bukan hanya melarang, seluruh perbuatan yang bisa menjadi sarana dan mendekatkan zina yang dilarang.

2. Islam adalah agama yang sangat memahami manusia, sehingga ia mengutamakan Tindakan preventif untuk menutup kerusakan. Larangan mendekati zina adalah Tindakan preventif agar manusia tidak terjerumus ke perzinaan. 

3. Zina adalah perbuatan yang sangat keji dan sangat buruk. Di antara keburukannya, ia merupakan pelanggaran terhadap kehormatan yang mengakibatkan tercampur dan terputusnya nasab serta mengakibatkan kekacauan di masyarakat. 

Dampak berzina

Setelah mengetahui tafsir surat Al-Isra ayat 32, ayat lain dalam alquran, serta hadist nabi, terakhir kamu perlu mengetahui dampak apa saja yang ditimbulkan jika mengabaikan larangan berzina. Dalam HR. Al Bukhari, orang yang melakukan perbuatan zina maka keimanan dalam dirinya dipertaruhkan. Dimana orang tersebut telah melanggar perintah Allah, terlebih jika dilakukan secara terus menerus, maka perbuatan ini akan semakin jauh dari perlindungan dan pertolongan Allah. 

Selain itu, dari segi Kesehatan, orang yang sering berzina seperti melakukan seks bebas, serta homoseksual, lebih mudah terkena penyakit kelamin yang sulit untuk diobati. Ini termasuk HIV/AIDS, sipilis dan gonorrhea. Bukan hanya merugikan diri sendiri, tapi kamu juga akan menularkan penyakit ini kepada orang lain. 

Dampak berikutnya, perzinaan akan merusak garis keturunan. Orang yang berzina akan memperumit garis keturunan, terutama Ketika perzinaan dilakukan setelah memiliki keluarga. Lebih lanjut, ini akan menghancurkan eksistensi atau keberadaan keluarga yang selama ini menjadi dasar untuk membangun masyarakat bersih dan sejahtera. 

Itulah arti dan kandungan dari surat al isra ayat 32, Allah SWT sangat melarang dengan perbuatan perzinaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper