Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak Doa Nabi Musa, Agar Dimudahkan Segala Urusan Kamu

Berikut ini Doa Nabi Musa, jika dibaca secara rutin akan mendapat manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 22 Agustus 2022  |  09:07 WIB
Simak Doa Nabi Musa, Agar Dimudahkan Segala Urusan Kamu
Ilustrasi Doa Nabi Musa, Agar Dimudahkan Segala Urusan Kamu
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Doa Nabi Musa jika dibaca secara rutin akan mendapat manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Nabi Musa adalah seorang Nabi dan rasul yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk berdakwah kepada Raja Firaun yang dikenal kejam pada masanya. 

Namun, dibalik kisah hidupnya yang penuh rintangan dan cobaan, Nabi Musa memilih untuk menghadapinya dengan cara berdoa kepada Allah SWT. Doa-doa Nabi Musa tersebut hingga saat ini masih sering diamalkan oleh kaum muslimin karena mampu membawa banyak manfaat atau khasiat. Dipermudah urusannya hingga diberikan petunjuk di setiap masalah ialah beberapa manfaat dari doa Nabi Musa. 

Berikut doa Nabi Musa yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Doa minta dimudahkan urusan dan ucapan

Saat kamu sedang berhadapan dengan berbagai macam masalah, kamu bisa membaca doa ini. Doa ini bisa kamu amalkan setiap selesai shalat wajib atau shalat sunnah. Selain itu, kamu juga bisa mengamalkan doa ini ketika ingin menjadi pembicara agar apa yang kamu ucapkan benar dan bisa membawa keberuntungan untuk kamu. 


Nabi Musa sendiri mengucapkan doa ini setelah ia diminta untuk  memakan bara api oleh Firaun. Saat itu, Nabi Musa khawatir tidak bisa berdakwah dengan baik karena ia menjadi cadel setelah menelan bara api tersebut. Namun, berkat kuasa Allah SWT dan juga melalui permohonan Nabi Musa lewat doa ini, Allah memberikan kemudahan bagi Nabi Musa untuk tetap bisa berdakwah dengan mengutus Nabi Harun untuk membantunya berdakwah menyampaikan ajaran tauhid. 

Doa nya seperti berikut: 

“Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii”

Artinya: Ya rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuanku dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku. (QS. Thoha: 25-28)

2. Memohon ampunan

Salah satu doa memohon ampunan yang bisa kamu amalkan adalah doa yang satu ini. Sebagai manusia yang tidak luput dari kesalahan, maka doa ini sangat bagus diamalkan untuk penghapus dosa-dosa. 

Doa ini sendiri dipanjatkan oleh Nabi Musa ketika ia secara tidak sengaja membunuh. Saat itu, Nabi Musa bertemu dengan dua orang yang sedang bertengkar, yaitu orang dari kaum Bani Israil dan kaum bangsa Firaun. Lelaki dari kaum Bani Israil tersebut lalu meminta bantuan kepada Nabi Musa untuk membantunya. Nabi Musa kemudian meninju lelaki kaum Firaun dan membuatnya meninggal. Setelah kejadian tersebut, Nabi Musa penuh dengan rasa penyesalan dan tidak henti-henti memohon ampunan dari Allah SWT. 

Doanya seperti berikut:

“Robbi inni zholamatu nafsii faghfir lii faa ghofaro lah. Innahuu huwal-ghofuurur-rohiim”

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku. Maka Allah mengampuninya, sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pengampun Lagi Maha penyayang. (QS. Al-Qashash:16)

3. Doa meminta jodoh

Doa ini merupakan doa yang dipanjatkan Nabi Musa sebagai permohonan kepada Allah SWT untuk segera didatangkan suatu hal yang dibutuhkannya. Nabi Musa yang diceritakan melakukan perjalanan keluar dari Mesir untuk mengungsi ke Desa Madyan. Dalam perjalanannya itu, Nabi Musa bertemu dengan dua gadis yang sedang mengantri untuk mendapatkan air untuk hewan gembalanya. 

Melihat hal tersebut, Nabi Musa lalu segera mencoba membantu untuk mendapatkan air. Usahanya berhasil dan hal itu membuat dua gadis  yang ditolongnya serta penduduk setempat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan air minum untuk hewan gembala mereka. Setelah selesai menolong, Nabi Musa berdoa kepada Allah, doa tersebut adalah: 


“Rabbi, inni lima anzalta ilayya min khairin faqiir”

Artinya: Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang engkau turunkan kepadaku (QS. Al-Qasas:24)

Itulah doa Nabi Musa yang bisa kamu bacakan agar memudahkan selalu segala urusan dalam hidup sehari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa Nabi Doa Selamat
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top