Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Jokowi Dorong Daerah Percepat Realisasi Belanja APBD

Jokowi meminta pemerintah daerah (pemda) untuk dapat segera mengeluarkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di masing-masing daerah.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  14:35 WIB
Presiden Jokowi Dorong Daerah Percepat Realisasi Belanja APBD
Ilustrasi APBD - kopel/online.or.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pemerintah daerah (pemda) untuk dapat segera mengeluarkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di masing-masing daerah di Indonesia.

Hal ini ditekankan oleh Jokowi setelah dirinya mengetahui bahwa realisasi belanja APBD masih berada di angka 39,3 persen.

Padahal, Jokowi menegaskan bahwa APBD merupakan salah satu hal krusial dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah.

"Belanja APBD baru 39,3 persen, baru Rp472 triliun. Padahal ini penting sekali untuk perputaran uang di daerah dan pertumbuhan ekonomi di daerah," jelas Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/2022).

Jokowi juga menyinggung jumlah fantastis belanja APBD yang mencapai angka Rp193 triliun.

"Saya cek APBD di bank, saya harus tahu angkanya. Ada berapa uang APBD di bank? Masih Rp193 triliun. Sangat besar sekali. Ini yang harus didorong agar ikut memacu pertumbuhan ekonomi daerah," tutur Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi mengharapkan agar realisasi belanja APBD dapat dilaksanakan dalam waktu dekat. Tak hanya itu, dia juga mengimbau seluruh jajaran pemerintahan untuk tidak lagi menerapkan sistem kerja yang  biasa-biasa saja selama keadaan sulit masih dirasakan oleh Indonesia.

"Kita tidak boleh bekerja standar, tidak bisa lagi, karena keadaannya tidak normal. Kita tidak boleh bekerja rutinitas, karena memang keadaannya tidak normal," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi apbd Inflasi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top