Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak Doa Masuk dan Keluar Masjid Beserta Adab-Adabnya

Umat muslim sangat dianjurkan untuk memulai sesuatu dengan berdoa, seperti masuk dan keluar masjid. Simak doa masuk masjid dan keluar masjid.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 16 Agustus 2022  |  17:07 WIB
Simak Doa Masuk dan Keluar Masjid Beserta Adab-Adabnya
Ilustrasi Doa Masuk dan Keluar masjid, - Masjid Raya Sheikhs Zayed di Solo, Jawa Tengah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi umat Muslim, tentu sudah tidak asing lagi untuk membaca doa sebelum berkegiatan. Bahkan, dalam ajaran agama Islam juga terdapat bacaan doa yang hendak memasuki sebuah tempat atau ruangan. Tidak terkecuali doa masuk dan keluar masjid. Masjid sendiri merupakan tempat ibadah bagi umat islam. Selain itu, masjid juga dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan acara baca tulis Al-Quran dan perkumpulan kajian. 

Masjid atau bisa disebut sebagai rumah Allah SWT ini terbuka bagi umat-Nya untuk datang kapan saja. Namun, sebagai rumah ibadah, tentu terdapat beberapa adab yang perlu diperhatikan saat datang ke Masjid. Salah satunya yaitu membaca doa masuk dan keluar masjid. Hal itu sebagai bentuk menghormati rumah Allah SWT yang suci. 

Berikut ini doa masuk dan keluar masjid yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Doa masuk masjid

Sebelum memasuki masjid, disarankan untuk melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu. Jadi, melangkah sambal membaca doa masuk masjid. 

“A’udzu billahil azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil Qadim minas syaithanir rajim. Bimillahi wal hamdulillah. Allahumma shalli wa sallim ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala ali sayyidina muhammadin. Allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba rahmatik” 

Artinya: aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada zat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan Nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah selawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas Keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu rahmat-Mu.

Doa keluar masjid

Bukan hanya saat masuk, terdapat adab-adab saat ingin meninggalkan masjid. Umat Islam dianjurkan melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu untuk keluar dari masjid. Pada saat itulah, kamu bisa membaca doa keluar masjid. 

“A’udzu billahil ‘azhim wa biwajhihil karim wa sulthanihil Qadim minas syaithanis rajim. Bismillahil wal hamdulillah. Allahumma shalli wa sallim ala sayyidina muhammadin wa’ala ali sayyidina muhammadin allahummaghfirli dzunubi waftahli abwaba fadhlik. 

Artinya: aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerjaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu. 

Adab-adab datang ke masjid

Setelah mengetahui bacaan doa masuk dan keluar masjid, perhatikan juga adab-adab lainnya. dengan menjalani adab dengan baik, itu artinya kamu telah menunjukkan sikap menghormati dan memuliakan masjid sebagai rumah ibadah Allah SWT.

Beberapa adab ini juga bahkan sangat baik jika ikut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

1. Hendaknya dalam keadaan bersih dan hadas, najis dan kotoran.

2. Menggunakan pakaian bersih, sopan dan menutup aurat.

3. Dianjurkan menggunakan baju putih namun bisa juga dengan menggunakan pakaian polos tanpa gambar agar tidak mengurangi kekhusyukan shalat.

4. Dianjurkan untuk menggunakan wewangian namun jangan yang bisa mengganggu ibadah.

5. Hindari mengkonsumsi makanan beraroma tidak sedap sebelumnya, seperti petai, bawang dan jengkol.

6. Dahulukan kaki kanan saat masuk masjid sambil membaca doa masuk masjid.

7. Dahulukan kaki kiri saat keluar masjid sambal membaca doa keluar masjid.

8. Berniat untuk i'tikaf berdiam diri di masjid dengan tujuan beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebab, setiap ibadah yang dilakukan perlu diawali dengan niat.

9. Tidak mengotori masjid, seperti membuang sampah, meludah hingga buang dahak.

10. Hendaknya melarang orang yang junub di masjid. 

Itulah beberapa adab masuk masjid dan doa keluar masuk masjid yang sebaiknya dilakukan oleh umat islam Ketika mengunjungi masjid. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

masjid doa kumpulan doa islam
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top