Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doa Sebelum Belajar dan Artinya agar Ilmunya semakin Berkah

Membaca doa sebelum belajar agar mendapat kemudahan dan keberkahan ketika menuntut ilmu.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 11 Agustus 2022  |  19:55 WIB
Doa Sebelum Belajar dan Artinya agar Ilmunya semakin Berkah
Doa sebelum belajar, agar ilmu yang dipelajari semakin berkah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belajar untuk menuntut ilmu sangat penting. Sebab, tanpa ilmu kita akan kesulitan untuk menjalani kehidupan. Ada banyak persoalan yang dapat diselesaikan hanya jika kita memiliki ilmu untuk menyelesaikannya. Namun, kamu juga jangan lupa untuk baca doa sebelum belajar. 

Agar proses belajar menuntut ilmu mencapai berkah, kita disarankan untuk membaca doa sebelum belajar. Doa ini penting untuk membentengi kita dari perasaan terburu-buru, kurang sabar dalam menuntut ilmu, dan tidak tenang hingga kesulitan memahami ilmu yang sedang kita pelajari. 

Berdoa merupakan cara lain setelah melaksanakan shalat fardhu lima waktu untuk memanjatkan harapan dan keinginan dari setiap muslim. Termasuk ilmu untuk mengharapkan ilmu yang bermanfaat sebelum belajar. 

Menuntut ilmu juga merupakan salah satu sarana untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Manusia sebagai ciptaan terbaik-Nya telah dikaruniai akal dan pikiran yang hendaknya digunakan di jalan yang benar. 

Namun, usaha belajar tersebut juga harus disertai dengan ridha Allah SWT agar diperoleh ilmu yang luas dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Maka dari itu, membaca doa Ketika ingin belajar merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ridha dan keberkahan dari Allah SWT. 

Berikut doa sebelum belajar yang dilansir dari berbagai sumber: 

Keutamaan menuntut ilmu menurut hadits: 

Dalam sebuah hadits shahih yang lain, menuntut ilmu justru disebut merupakan sebuah kewajiban bagi seorang muslim. Hal tersebut sebagaimana yang disebut dalam sebuah hadits berikut ini,

“mencari ilmu merupakan kewajiban bagi setiap orang islam, laki-laki dan perempuan. Setiap sesuatu yang dicari di dunia ini akan memintakan pengampunan kepada Allah SWT untuk para pencari ilmu, hingga ikan di laut pun ikut memintakan pengampunan baginya” (HR Abu Daud, Al Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Setelah mengetahui pentingnya menuntut ilmu bagi seorang muslim, makal hal selanjutnya yang perlu dipahami adalah mengenai doa sebelum belajar. Terdapat bacaan doa sebelum belajar yang dapat dilafalkan oleh seorang muslim saat akan menuntut ilmu untuk mendapatkan ridha dan keberkahan dari Allah SWT. 

Bacaan doa sebelum belajar yang pertama: 

Rodliitu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyya warasuula, robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan. 

(Kami ridha bahwa Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai Agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah Tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik)

Bacaan doa akan belajar kedua: 

Robbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shoolihiin

(Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu serta berilah aku kemampuan untuk memahaminya, serta jadikanlah aku termasuk golongan dari hamba-Mu yang Saleh). 


Bacaan doa akan belajar ketiga: 

Allohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin. 

(Ya Allah, bebaskanlah kami dari segala kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu kepada kami serta bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat Yang Maha Penyayang)

Itulah doa sebelum belajar, agar selalu diucapkan sebelum belajar sehingga ilmunya semakin berkah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa belajar
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top