Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AS: China Jangan Pura-Pura Latihan Militer!

Menteri Luar Negeri AS berharap China tidak menciptakan krisis dengan dalih latihan militer, namun meningkatkan aksi agresif dengan menembakkan rudal ke Taiwan.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 05 Agustus 2022  |  06:36 WIB
AS: China Jangan Pura-Pura Latihan Militer!
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menyampaikan pidatonya di kampus UI Depok, Selasa (14/12/2021). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken sangat berharap China tidak menciptakan krisis dengan dalih latihan militer, namun meningkatkan aksi agresif dengan menembakkan rudal ke perairan dekat Taiwan.

Aksi China tersebut dilakukan menyusul kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi ke negara pulau itu dalam pekan ini.

Berbicara pada pertemuan Tingkat Menteri Asean-AS di Kamboja, Blinken mencatat bahwa banyak negara di seluruh dunia percaya bahwa eskalasi tidak akan menguntungkan siapa pun, dan memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan karena tidak menguntungkan siapa pun, termasuk anggota Asean dan China.

"Kami telah melakukan pendekatan pada rekan-rekan RRC kami dalam beberapa hari terakhir di setiap tingkat pemerintahan untuk menyampaikan pesan ini," kata diplomat tinggi AS itu seperti dikutip CNN.com, Jumat (5/8/2022).

Menurutnya, menjaga stabilitas lintas selat adalah kepentingan semua negara di kawasan Asia, termasuk semua mitra di Asean.

"Amerika Serikat terus memiliki kepentingan abadi dalam perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. Kami menentang segala upaya sepihak untuk mengubah status quo, terutama dengan kekerasan," tegas Blinken.

Dia mengatakan, AS tetap "berkomitmen pada kebijakan Satu China yang dipandu oleh komitmen terhadap Undang-Undang Hubungan Taiwan.

"Dan saya ingin menekankan: tidak ada yang berubah tentang posisi kami dan saya sangat berharap bahwa Beijing tidak akan membuat krisis atau berpura-pura untuk meningkatkan aksi militer agresifnya," katanya.

Komando Teater Timur militer China mengatakan dalam sebuah pernyataan kemarin bahwa beberapa rudal telah ditembakkan ke laut di bagian timur Taiwan. Semua rudal mencapai target mereka secara akurat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china taiwan China vs Taiwan Antony Blinken
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top