Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Temuan Komnas HAM: Ferdy Sambo Tiba di Jakarta Sehari Sebelum Brigadir J Dibunuh

Irjen Ferdy Sambo tiba di Jakarta sehari sebelum insiden pembunuhan terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 04 Agustus 2022  |  19:12 WIB
Temuan Komnas HAM: Ferdy Sambo Tiba di Jakarta Sehari Sebelum Brigadir J Dibunuh
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (ketiga kiri) didampingi komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam (ketiga kanan), Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo (kedua kiri), Kapus Dokkes Polri Irjen Pol Asep Hendradiana (kedua kanan), Karo Penmas Div Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (kanan) dan Karumkit RS Bhayangkara Polri Brigjen Pol Hariyanto memberikan keterangan pers usai menerima keterangan dari tim forensik Polri di kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (25/7/2022). ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan Irjen Ferdy Sambo tiba di Jakarta sehari sebelum pembunuhan Brigadir J.

Hal tersebut didapatkan dari data tiket pesawat yang menunjukan kedatangan Sambo di Jakarta pada 7 Juli 2022.

Pernyataan tersebut memperbarui keterangan Komnas HAM yang sempat menyebut bahwa Sambo tiba di Jakarta pada 8 Juli 2022 atau saat penembakan.

"Sebelumnya, kami katakan tanggal 8 Juli, tapi data yang berikutnya kami dapatkan valid sekali, dari tiket yang kami dapatkan itu tanggal 7 Juli pagi," kata Taufan kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

Menurut Taufan, Sambo berangkat dari tempat yang berbeda dengan Bharada E dan istrinya Putri.

"Tapi yang pasti tidak bersama seperti yang selama ini seolah mereka satu rombongan, itu clear," kata Taufan.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa pada tanggal 7 Sambo tiba di rumah pribadinya, bukan di rumah dinas.

"Nah sampe di rumah probadi bukan di rumah dinas, pak sambo sudah duluan di rumah itu baru mereka kemudian ibu (istri Sambo) ke rumah dinas, sambo keluar terjadi peristiwa itu," katanya.

Adapun, Penembakan antaranggota Polri terjadi di rumah dinas Ferdy Sambo di kompleks Polri Duren Tiga Nomor, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022), pukul 17.00 WIB.

Kedua anggota tersebut adalah Brigadir J, selaku ajudan drive caraka (ADV) istri Ferdy Sambo, dan Bharada E, sebagai ADV Ferdy Sambo. Kejadian itu mengakibatkan Brigadir J tewas tertembak dengan tujuh lubang peluru di tubuhnya.

Ada dua peluru yang menembus sampai dua kali, yakni dari jari tembus dada dan di lengan kiri tembus mulut.

"Diduga ada dua peluru yang sampai dua kali mengenai Brigjen J, yakni di jari tembus ke dada dan di lengan kiri tembus ke mulut," kata Kapolres Jakarta Selatan Budhi Herdi Santoso, Selasa (12/7/2022).

Dia menyebut, bahwa Bharada E merupakan tim penembak kelas satu di Resimen Pelopor, juga pelatih Teknik penyelamatan pada medan vertical atau curam (vertical rescue).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komnas ham Ferdy Sambo brigadir Bharada E
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top