Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dua Hari Pertama Pendaftaran Pemilu 2024, Bawaslu: Semua Berjalan Lancar

Bawaslu menyatakan bahwa 2 hari pertama tahapan pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 berjalan lancar dan berkomitmen akan terus mengawal prosesnya.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  17:07 WIB
Dua Hari Pertama Pendaftaran Pemilu 2024, Bawaslu: Semua Berjalan Lancar
Bawaslu menyatakan bahwa 2 hari pertama tahapan pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 berjalan lancar - Bisnis.com/Andhika
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyatakan bahwa 2 hari pertama tahapan pendaftaran partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 berjalan lancar.

"Belum ada kendala. Masih sesuai pantauan," ujar Ketua Bawaslu Rahmat Bagja kepada awak media di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Bagja menambahkan bahwa Bawaslu menempatkan tiga anggotanya untuk berjaga di Kantor KPU selama masa pendaftaran yang berlangsung pada 1 hingga 14 Agustus 2024.

Selain itu, Bawaslu akan bekerja dengan KPU selama 24 jam saat tahapan verifikasi parpol. Untuk tahapan verifikasi parpol dimulai pada 2 Agustus hingga 7 Desember 2022.

"Pengawasan terhadap data-data yang disampaikan oleh parpol apakah sesuai dengan undang-undang atau tidak, apakah kemudian sesuai dengan aslinya yang di-submit di Sipol [Sistem Informasi Partai Politik] atau tidak," jelas Bagja.

Adapun, selama 2 hari masa pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024, sebanyak 10 parpol yang mendaftar. Pada hari pertama ada sembilan parpol yang mendaftar, sedangkan hari kedua hanya ada satu parpol.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa dalam tahapan pendaftaran, KPU akan memeriksa kelengkapan dokumen persyaratan pendaftaran.

Dokumen persyaratan tersebut yaitu bukti-bukti kepengurusan parpol dari tingkat pusat hingga kecamatan. Selain itu, bukti memiliki anggota minimal 1.000 atau 1/1.000 dari jumlah penduduk di kabupaten/kota tempat parpol memiliki kepengurusan. Terakhir, juga menunjukkan bukti memiliki kantor tetap.

"Khusus tahapan pendaftaran parpol, kategori yang kami gunakan adalah lengkap atau tidak lengkapnya dokumen,” jelas Hasyim saat menerima parpol pendaftar di Kantor KPU, Senin (1/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bawaslu kpu Pemilu 2024 parpol
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top