Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mahfud MD Pastikan Pemerintah Kawal Proses Pemilu, Termasuk Anggarannya

Menko Polhukam Mahfud MD memastikan Pemerintah akan mengawal jalannya proses Pemilu, termasuk pemenuhan anggaran yang dibutuhkan KPU.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  13:48 WIB
Mahfud MD Pastikan Pemerintah Kawal Proses Pemilu, Termasuk Anggarannya
Menko Polhukam Mahfud MD memastikan Pemerintah akan mengawal jalannya proses Pemilu, termasuk pemenuhan anggaran yang dibutuhkan KPU. - Youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan Pemerintah akan mengawal jalannya proses Pemilu, termasuk anggaran. 

Tidak hanya itu, Mahfud juga menegaskan bahwa instrumen hukum, anggaran, kelembagaan, dan penjadwalan sudah dibicarakan dengan seluruh pemangku kepentingam. Beberapa di antaranya yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu).

"Supaya tidak ada salah paham, misalnya ada berita hari hari ini, bahwa Pemilu agak tersendat karena Pemerintah dananya lambat cair, itu tidak juga," kata Mahfud dalam keterangannya, Selasa (2/8/2022). 

Mahfud memastikan Pemerintah akan menyediakan semua dana yang perlukan, yakni sebesar Rp1,24 triliun. 

Adapun pencairan tersebut akan dilakukan secara bertahap setiap tahunnya, mulai tahun ini hingga 2024. Apabila belum cair, Mahfud mengimbau KPU agar membuat Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). 

"Kalau belum ada, DIPA belum bisa, karena itu melanggar keuangan negara. Oleh sebab itu pemerintah menjamin hal ini. Tahun berikutnya anggaran disediakan, berikutnya lagi disediakan," paparnya. 

Mahfud kemudian menyampaikan bahwa ada beberapa usulan KPU yang telah disetujui, seperti kenaikan biaya terhadap panitia. Namun, kenaikan tersebut memang tidak 100 persen. 

Sementara itu, kegiatan operasional seperti pembangunan gedung-gedung di daerah belum disetujui.

Kepada KPU, Mahfud juga berpesan agar KPU tetap bersungguh-sungguh bekerja dengan penuh profesionalitas.

"Saudara, kepada KPU saya ingin menyampaikan pesan, anda harus sungguh sungguh bekerja, menyelenggarakan Pemilu ini dengan sebaik baiknya, dengan penuh profesionalitas, karena apapun yang anda lakukan, itu pasti ada yang menggugat. Tidak ada Pemilu yang tidak ada gugatan. Sejak dulu terjadi seperti itu," katanya. 

Terakhir, Mahfud mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menyambut Pemilu 2024 dengan sebaik baiknya. Dia berharap, Pemilu 2024 dapat menghasilkan anggota-anggota DPR, DPRD, DPD, Presiden dan Wakil Presiden yang baru untuk lebih memajukan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahfud md kpu Pemilu 2024 anggaran
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top