Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta-fakta Gempa Magnitudo 7,1 di Filipina

Berikut-fakta-fakta gempa di Luzon Filipina tadi pagi menurut Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi./Reuters
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -  Gempa dengan magnitudo 7,1 mengguncang pulau Luzon di Filipina pada Rabu (27/7/2022) merusak bangunan di provinsi Abra utara.

Getaran juga terasa hingga ibu kota Manila. Dilansir Bloomberg, Institut Volkanologi dan Seismologi Filipina mengatakan getaran terasa pada pukul 08.43 waktu setempat.

Direktur Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina Renato Solidum mengatakan gempa tersebut tergolong dalam gempa besar dan berpotensi menghancurkan. Ini merupakan gempa daratan terkuat sejak gempa di Filipina tengah pada 2013.

Berikut-fakta-fakta gempa di Luzon Filipina tadi pagi menurut Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dikutip dari akun instagramnya:

1. Gempa ini terjadi Rabu pagi 27 Juli 2022 pada hari pukul 07.43.24 WIB.

2. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa ini memiliki magnitudo 6,9 sedangkan menurut Philippine Institute Of Volcanology And Seismology (PHIVOLCS) gempa ini memiliki magnitudo 7,0.

3. Episenter gempa terletak di daratan Pulau Luzon pada koordinat 17.63°Lintang Utara - 120.74°Bujur Timur dengan kedalaman hiposenter 17 km.

4. Gempa ini merupakan jenis gempa dangkal yang diduga akibat aktivitas patahan/sesar aktif dan diperkirakan akan diikuti oleh banyak aktivitas gempa susulan.

5. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme sumber kombinasi pergerakan geser dan naik (oblique thrust fault).

6. Gempa ini berdampak merusak. Dampak gempa di beberapa kawasan dekat pusat gempa dilaporkan mendekati skala intensitas VIII MMI sehingga berdampak sangat merusak. Sementara itu guncangan dengan Intensitas VII mencakup wilayah Bucloc, Manabo, Abra sedangkan dampak dengan intensitas VI MMI mencakup wilayah Vigan City, Sinait, Bantai, San Esteban, Ilocos Sur, Laoac, Pangasinan dan Baguio City. Di daerah-daerah tersebut di atas dilaporkan banyak terjadi kerusakan bangunan.

7. Gempa ini juga dirasakan hingga Ibukota Filipina, Manila yang jaraknya sekitar 330 km

8. Dampak ikutan gempa (collateral hazard) seperti longsoran (landslide) dan runtuhan batu (rockfall) banyak terjadi di berbagai lokasi pebukitan di Pulau Luzon.

9. Gempa ini tidak berpotensi tsunami karena pusatnya terletak di darat, isu mengenai adanya peringatan dini tsunami adalah tidak benar.

10. Pulau Luzon Filipina yang menjadi pusat gempa kuat tadi pagi merupakan daerah rawan gempa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper