Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar BUMN Pailit, Ada yang Bubar Karena Sepi Orderan

Istaka Karya bukan satu-satunya BUMN yang bubar karena pailit. Sebelumnya ada PT Industri Gelas yang berhenti beroperasi karena sepi orderan.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  05:48 WIB
Daftar BUMN Pailit, Ada yang Bubar Karena Sepi Orderan
Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan dengan status badan usaha milik negara (BUMN) tak selamanya dapat beroperasi dengan lancar, namun juga ada bayang-bayang pailit atau bangkrut bila tak lagi dapat membayar hutang.

Sebut saja PT Istaka Karya (Persero) yang pada 15 Juli 2022 baru saja dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Sejak putusan homologasi pada 2013, Istaka Karya tidak menunjukkan perbaikan kinerja. Per 2021, Istaka Karya memiliki total kewajiban sebesar Rp1,08 triliun dengan ekuitas perusahaan tercatat minus Rp570 miliar. Sementara itu, total aset perusahaan tercatat senilai Rp514 miliar.

Selain Istaka Karya, terdapat beberapa perusahaan milik negara yang sudah lama tidak beroperasi dan dinyatakan pailit atau bangkrut. Berikut daftarnya:

PT Istaka Karya (Persero)

PT Istaka Karya (Persero) merupakan perusahaan jasa konstruksi yang telah beroperasi sejak 1979 dengan nama PT Indonesia Consortium of Construction Industries (ICCI). Istaka Karya sebelumnya telah masuk ke dalam daftar BUMN yang akan dibubarkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada Mei lalu.

Kemudian pada 15 Juli 2022, tim kurator resmi mengumumkan bahwa Istaka Karya pailit atau bangkrut.

PT Industri Gelas (Persero)

PT Industri Gelas atau umumnya disingkat Iglas adalah produsen kemasan gelas, khususnya botol. Sejak 2015, Iglas berhenti berproduksi lantaran sepinya orderan. 

Selain itu, kondisi perseroan juga diperburuk akibat kasus korupsi yang dilakukan oleh mantan Direktur Utama Iglas Daniel Sunarya.

PT Industri Sandang Nusantara

PT Industri Sandang Nusantara (ISN) merupakan perusahaan tekstil milik pemerintah. ISN perusahaan ini merupakan penghasil benang tenun, karung, dan karung plastik.  Sejak 2018, ISN telah berhenti beroperasi

PT Kertas Kraft Aceh (KKA)

PT Kertas Kraft Aceh (KKA) telah berhenti beroperasi sejak 2007 karena kesulitan mendapat bahan baku. Produsen kertas pembungkus semen ini memiliki pabrik dengan kapasitas terpasang 135.000 ton per tahun yang zona industri Lhokseumawe, Aceh Utara.

Presiden Jokowi pernah memiliki kenangan khusus dengan KKA. Jokowi sempat bekerja di KKA saat dirinya merantau ke Aceh.

Sebelumnya, Erick Thohir menjelaskan bahwa BUMN telah menyelesaikan pembubaran tiga BUMN yang sudah tidak beroperasi dalam waktu lama, yakni Iglas, ISN, dan KKA. Pembubaran ini telah diselesaikan melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN pailit
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top