Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Kurban

Berikut juga doa menyembelih hewan kurban yang lengkap serta artinya
Petugas memindahkan sapi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) dari Kapal Camara Nusantara ke truk di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (10/6/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Petugas memindahkan sapi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) dari Kapal Camara Nusantara ke truk di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (10/6/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam menyembelih hewan kurban, dianjurkan untuk sesuai dengan syariat islam dan membaca sejumlah doa.

Penyembelihan hewan kurban sendiri dilakukan pada Hari Raya Iduladha yaitu 10 Dzulhijjah sampai pada tiga hari tasyrik, yakni tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Kurban ini dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah swt.

Dalam proses penyembelihan kurban pun dianjurkan agar sesuai anjuran dalam Islam.

Bagi Anda yang melakukan kurban besok, berikut ini tata cara penyembelihan kurban dan doanya.

1. Baca “Bismillâhir rahmânir rahîm” 

Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang” 

2. Baca shalawat untuk Rasulullah saw.

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad. 

Artinya, “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad saw dan keluarganya.”

3. Menghadap ke arah kiblat (bagi hewan yang disembelih dan orang yang menyembelih)

4. Baca takbir tiga kali dan tahmid sekali 

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd 

Artinya, “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.” 

5. Baca doa menyembelih 

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm 

Artinya, “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.” 

Doa tersebut dipanjatkan oleh pekurbannya. Jika penyembelih membacakan untuk orang lain yang berkurban, maka kata minni diganti dengan menyebut nama pekurbannya, misalnya min Hasan.

Selain itu, berikut juga doa menyembelih hewan kurban yang lengkap

Wajjahtu wajhi lillazi fatharos samawati wal ardha hanifaw wama ana minal musyrikin, inna sholati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi rabbil ‘alamin, la syarikalahu wa bizalika umirtu wa ana minal muslimin, bismillahirrahmanirrahim, allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa ‘ala ali sayyidina muhammad, allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar, wa lillahil hamd, allahumma hazihi minka wa ilaika fataqobbal minni/min fulan….(sebut nama orang yang berkurban), kama taqobbalta min ibrahim kholilika.

Artinya: “Aku menghadapkan wajahku (hatiku) kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri, dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukanNya, dan aku termasuk golongan dari orang muslimin.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Penyayang dan Maha Pengasih, Ya Allah limpahkanlah salawat kepada Nabi Muhammad dan kelurganya, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, hanya bagi Allah segala puji, Ya Allah hewan ini adalah nikmat dariMu, dan melalui hewan ini pula mendekatkan diri kepadaMu, Ya Allah terimalah dariku/dari fulan….(sebut nama orang yang berkurban), sebagaimana engkau menerima dari Nabi Ibrahim, kekasihMu.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper