Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Demonstran Serbu Istana Negara Sri Lanka, Pakai Kolam Renang hingga Bagikan Makanan

Masyarakat Sri Lanka melakukan demo besar-besaran ke rumah dan kantor dari Presiden Sri Lanka setelah negara ini dilanda krisis hinga mengalami kebangkrutan.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 10 Juli 2022  |  10:16 WIB
Demonstran Serbu Istana Negara Sri Lanka, Pakai Kolam Renang hingga Bagikan Makanan
Demonstrasi buntut dari krisis ekonomi di Sri Lanka berujung ricuh dengan kepolisian. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sri Lanka kini tengah dalam krisis kebankrutan negara yang cukup parah. Diketahui jika dalam beberapa bulan terakhir, masyarakat di Sri Lanka mengalami pemadalam listrik, kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) dan masih banyak lagi.

Dengan krisis yang melanda negeri tersebut, masyarakat Sri Lanka melakukan demo besar-besaran ke rumah dan kantor dari Presiden Sri Lanka. Bukan hanya Presiden, perdana menteri Sri lanka juga merasakan hal tersebut.

Dampaknya, perdana menteri dan juga presiden dari Sri lanka akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri jabatannya. Perdana menteri dari Sri Lanka Ranil Wickremesinghe mengundurkan diri terlebih dahulu, dan setelahnya disusul oleh presiden Sri lanka Gotabaya Rajapaksa.

Dalam cuitan di Twitter, Wickremesinghe pun membagikan pernyataan soal keputusan dirinya mundur dari jabatan yang diembannya saat ini.

"Untuk memastikan kelangsungan Pemerintahan termasuk keselamatan semua warga negara, saya menerima rekomendasi terbaik dari Pemimpin Partai hari ini, untuk membuka jalan bagi Pemerintahan Semua Partai. Untuk memfasilitasi ini saya akan mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri," cuitnya.

Sementara itu, Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa mengatakan akan mengundurkan diri pekan depan, setelah pengunjuk rasa yang marah menyerbu kediaman dan kantor resminya.

"Rajapaksa akan mengundurkan diri Rabu (13/7/2022) untuk memastikan kelancaran transisi kekuasaan," kata Ketua Parlemen Mahinda Yapa Abeywardena dalam pengumuman yang disiarkan televisi Sabtu malam (9/7/2022).

Berikut situasi dan suasana yang terjadi di Sri Lanka sebelum dan pasca presiden dan perdana menteri mengundurkan diri dari kursi kepemimpinannya.

 

  1. Istana Negara Diserbu Demonstran

Melihat dari postingan yang diunggah oleh akun twitter @ShivAroor memperlihatkan bagaimana banyaknya masa yang masuk ke dalam Istana Negara Sri Lanka. Sayangnya, ketika memasuki istana, presiden dari Sri lanka Gotabaya Rajapaksa tidak berada di tempat dan sudah melarikan diri.

 

  1. Masa Demonstran Mulai Memasuki Istana Negara

Melalui pantauan di akun @disclosetv masa yang berjumlah ribuan orang akhirnya berhasil masuk kedalam istana negara Sri Lanka yang merupakan kantor dari Gotabaya Rajapaksa.

 

  1. Demostran Gunakan Fasilitas di Istana Negara Sri Lanka

Menkutip dari cuitan twitter @GeorgeAnalgi, dalam postingan yang dirinya unggah terlihat para demonstran mulai menggunakan fasilitas yang berada di Istana Negara Sri lanka, termasuk menggunakan fasilitas olahraga.

Selain itu, demonstran juga membagikan makanan yang berada di dapur istana ke sesama demonstran dan menggunakan kolam renang yang berada di Istana untuk rekreasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri lanka demonstrasi
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top