Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani: 3 Provinsi Baru Papua Punya Anggaran Khusus Pemilu 2024

3 provinsi baru Indonesia Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan akan memiliki anggaran khusus untuk Pemilu 2024.
Surya Dua Artha Simanjuntak
Surya Dua Artha Simanjuntak - Bisnis.com 05 Juli 2022  |  16:50 WIB
Sri Mulyani: 3 Provinsi Baru Papua Punya Anggaran Khusus Pemilu 2024
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati - Youtube Ministry of Finance Republic Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan tiga provinsi baru Indonesia, Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan akan memiliki anggaran khusus untuk Pemilu 2024.

Sri Mulyani mengatakan Kementerian Keuangan bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masih meneliti semua persiapan terkait Pemilu. Namun dia memastikan ada anggaran baru untuk tiga provinsi baru.

“Karena kita liat dari sisi APBD-nya [APBD Provinsi Papua] untuk dipecah jadi tiga [ke Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan] juga tidak memadai,” jelas Sri Mulyani saat ditemui awak media di Gedung Nusantara II DPR, Selasa (5/7/2022).

Pada awal Juni lalu, DPR bersama pemerintah menyetujui besaran dana pelaksanaan Pemilu 2024, yaitu Rp76,6 triliun. Namun, Sri Mulyani mengatakan jumlah tersebut akan dikaji lagi. Dia memastikan tiga provinsi baru akan punya pasal khusus mengenai anggaran dalam peraturan pelaksanaan Pemilu.

Sri Mulyani belum dapat memastikan berapa jumlah anggaran Pemilu yang akan diberikan ke tiga provinsi baru karena sumbernya berasal dari APBN 2023 atau 2024.

“APBN-nya kan belum selesai. Jadi kita liat semuanya nanti,” jelasnya.

Sebelumnya, pada akhir Juni lalu Ketua KPU Hasyim Asy'ari sudah memperkirakan akan ada perubahan anggaran Pemilu karena pemekaran Papua. Dia menargetkan perubahan anggaran dapat selesai pada akhir tahun ini, sebab pada Februari 2023 Pemilu sudah masuk tahapan penetapan daerah pemilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani Pemilu 2024 kpu
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top