Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

1 Juta Lowongan CPNS dan PPPK Dibuka Tahun Ini, Cek Formasinya di Sini!

Penerimaan ASN pada tahun ini akan berfokus pada jabatan fungsional PPPK guru dan tenaga kesehatan.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 29 Juni 2022  |  12:54 WIB
1 Juta Lowongan CPNS dan PPPK Dibuka Tahun Ini, Cek Formasinya di Sini!
Peserta Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pengadaan CPSN 2019 DKI Jakarta mendengarkan arahan dari Kepala BKD DKI Jakarta Chaidir, didampingi Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali dan Wakil Wali Kota Isnawa Adji, Senin (17/2/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah akan kembali membuka lowongan CPNS dan PPPK 2022 dengan total kuota penerimaan sebanyak 1.086.128 orang.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ad interim, Mahfud MD saat rapat kerja di Komisi II belum lama ini.

“Jumlah rencana usulan rekrutmen calon ASN 2022 adalah 1.086.128 orang atau berdasarkan formasi jabatannya,” kata Mahfud dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR, Selasa (28/6/2022).

Adapun Mahfud menekankan bahwa penerimaan ASN pada tahun ini akan berfokus pada jabatan fungsional PPPK guru dan tenaga kesehatan yang tengah berada dalam proses validasi.

Sementara itu, dari total penerimaan tersebut, kuota penerimaan akan dibagi untuk PPPK tingkat pusat dan daerah, serta untuk posisi CPNS sekolah kedinasan.

Secara rinci, sebanyak 1.035.811 posisi akan dibuka untuk rekrutmen PPPK pusat dan daerah. Untuk PPPK pusat, alokasi terbesar akan dibuka untuk posisi guru dengan total penerimaan sebanyak 45.000 orang, dilanjutkan dengan 20.000 kuota untuk posisi dosen, 3.000 posisi dokter atau tenaga kesehatan, dan 25.554 posisi untuk jabatan teknis lainnya.

Selanjutnya, untuk tingkat daerah, penerimaan PPPK akan dibuka untuk lebih dari 900 orang atau tepatnya mencapai angka 942.257, yang terbagi untuk posisi guru dengan kuota penerimaan sebanyak 758.018 serta sebanyak 184.239 formasi untuk posisi fungsional selain guru.

Sedangkan penerimaan untuk posisi CPNS, Mahfud menyebutkan bahwa pemerintah akan membuka lowongan sebanyak 8.941 kuota yang ditujukan untuk keperluan sekolah kedinasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahfud md CPNS formasi cpns
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top