Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ganjar Bacakan Rekomendasi Rakernas PDIP: Dari Pancasila hingga Capres Pemilu 2024

Ganjar Pranowo membacakan sejumlah rekomendasi hasil Rakernas II PDIP diantaranya terkait ideologi Pancasila hingga capres dan cawapres usungan partai di Pemilu 2024.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 23 Juni 2022  |  18:02 WIB
Ganjar Pranowo dipercaya membacakan sejumlah rekomendasi hasil Rakernas II PDIP diantaranya terkait ideologi Pancasila hingga capres dan cawapres usungan partai di Pemilu 2024 / ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat - tom.
Ganjar Pranowo dipercaya membacakan sejumlah rekomendasi hasil Rakernas II PDIP diantaranya terkait ideologi Pancasila hingga capres dan cawapres usungan partai di Pemilu 2024 / ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat - tom.

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipercaya PDI Perjuangan untuk membacakan sejumlah rekomendasi hasil Rakernas II Tahun 2021, salah satunya terkait nama calon presiden (capres) yang akan diusung partai di Pemilu 2024

"Rakernas II Partai menegaskan bahwa penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh PDI Perjuangan pada Pemilu 2024. Berdasarkan keputusan Kongres V Partai, AD/ART Partai, dan tradisi demokrasi Partai adalah hak prerogatif Ketua Umum Partai Megawati Soekarnoputri," kata Ganjar di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Lebih lanjut, rekomendasi lain dalam Rakernas ini adalah PDIP menyepakati pembumian nilai Pancasila menjadi sangat penting dan krusial. Untuk itu, Partai mengusulkan agar kurikulum pendidikan nasional di seluruh strata pendidikan harus memasukkan Pancasila sebagai mata pelajaran wajib.

Kemudian, dalam rekomendasi lainnya, PDIP memberikan perhatian khusus dalam pemulihan dampak pandemi Covid-19 melalui akselerasi vaksinasi, tetapi sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional. 

Ganjar melanjutkan pembacaan rekomendasi rakernas PDIP yang menyebut usulan penataan sistem politik pascapemilu 2024, hingga perbaikan sistem pemilu.

"Rakernas II Partai menegaskan pentingnya melakukan penataan sistem politik pascapemilu 2024 agar sesuai dengan demokrasi Pancasila dengan melakukan koreksi sistem pemilu dan praktik politik liberal yang bersifat kapitalistik, penuh semangat individual, penguatan peran dan fungsi MPR RI," ungkap Ganjar. 

Selain itu, rekomendasi lainnya adalah terkait konsepsi dasar Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) dengan memprioritaskan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, riset, inovasi, dan peningkatan kualitas pendidikan.

PDIP juga menegaskan bahwa Indonesia harus mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, produktif, dan berdaya saing global, sekaligus memahami persoalan lokal untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

"Terakhir, Rakernas II Partai mendukung sepenuhnya kebijakan Presiden Jokowi dalam mewujudkan perdamaian dunia dengan mengambil inisiatif bagi penyelesaian konflik Rusia-Ukraina melalui pelaksanaan politik luar negeri yang bebas aktif sekaligus mewujudkan kepentingan nasional Indonesia," tutup Ganjar.

Adapun, Rakernas II PDIP Tahun 2021 telah rampung dilakukan selama 3 hari yaitu sejak Senin, 21 Juni 2022 hingga hari ini, Kamis (23/6/2022) di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdip capres ganjar pranowo Pemilu 2024
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top