Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Catat! Tahapan Awal Pemilu Bakal Dimulai Besok

Peluncuran tahapan awal Pemilu 2024 pada tanggal 14 Juni 2022 besok.
Afiffah Rahmah Nurdifa
Afiffah Rahmah Nurdifa - Bisnis.com 13 Juni 2022  |  21:00 WIB
Catat! Tahapan Awal Pemilu Bakal Dimulai Besok
Pemilu 2024. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar acara peluncuran tahapan awal Pemilu 2024 pada tanggal 14 Juni 2022 besok.

Agenda peluncuran tahapan Pemilu tersebut recananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), pimpinan negara, termasuk partai politik.

"Insha Allah kita juga sudah undang Presiden dan pimpinan lembaga negara pasti akan terlibat dalam kegiatan ini, termasuk juga dengan partai politik," kata Komisioner KPU RI Mochammad Afifuddin yang dikutip, Senin (13/6/2022).

"Tentu ini sudah dalam kerangka pekerjaan yang selama ini dikonsultasikan, dikerjasamakan dengan Komisi II dan para pihak penyelenggara yang lain seperti bawaslu."

Afif juga memaparkan bahwa proses pendaftaran partai politik calon peserta pemilu akan dimulai pada 1-7 Agustus 2022. Sementara jumlah partai yang mengikuti pemilu yaitu pada 14 Desember 2022.

"Jadi di akhir tahun ini, kita akan dapat pastikan partai mana saja yang masuk dalam pemilu 2024 nanti," katanya.

Sementara itu,  Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) juga telah disetujui Komisi II DPR RI dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (7/6/2022).

"Setelah malam kemarin kita harmonisasi dengan Kemenkumham, harusnya hari ini paling lambat besok kita undangkan fondasi PKPU tahapan yang akan menjadi dasar tahapan pemilu," terangnya.

Afif mengatakan dalam PKPU tersebut akan mencakup detail pemutakhiran daftar pemilih, metode kampanye, dan tahapan lain yang akan menyusul.

"Kesiapan penyelenggaran pemilu, insha Allah kita sudah sangat baik. Kami sangat terbuka untuk bersinergi dengan semua pihak untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di pemilu nanti," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi kpu Pemilu 2024
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top