Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-96: Rusia Tabrak Wartawan Prancis hingga Tewas

Berikut beberapa peristiwa yang terjadi pada hari ke-96 perang Rusia vs Ukraina hari ke-96. Tank Rusia telah menabrak wartawan Prancis hingga tewas.
Salah satu apartemen di kota Kharkiv, Ukraina yang dibom oleh pasukan Rusia/The Moscow Times
Salah satu apartemen di kota Kharkiv, Ukraina yang dibom oleh pasukan Rusia/The Moscow Times

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-96 sejak awal invasi. Pada hari ini, dilaporkan bahwa seorang wartawan Prancis bernama Frédéric Leclerc-Imhoff yang sedang bertugas tewas ditabrak pasukan Rusia di dekat kota Sievierodonetsk, Ukraina.

Atas kejadian tersebut, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa dirinya akan berbagi rasa sakit dengan keluarga, kerabat dan kolega korban wartawan tersebut.

Selain hal itu, berikut beberapa peristiwa yang terjadi pada hari ke-96 perang Rusia vs Ukraina hari ke-96 yang dirangkum The Guardian pada Selasa (31/5/2022).

Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-96

Uni Eropa Gagal Embargo Minyak Rusia

Para pemimpin Uni Eropa gagal menyepakati larangan impor minyak Rusia sebelum pertemuan puncak dua hari di Brussels. Sementara itu, para pemimpin dari 27 negara pada prinsipnya akan menyetujui embargo minyak, namun dalam rincian rancangan kesimpulannya belum mereka putuskan.

Belanda Berhenti Mendapat Pasokan Gas Rusia

Rusia akan berhenti memasok gas ke Belanda mulai besok setelah pedagang GasTerra yang didukung pemerintah menolak membayar pemasok Gazprom dalam bentuk rubel. Setelah melakukan perhitungan, sekitar 44% dari penggunaan energi Belanda didasarkan pada gas, tetapi hanya sekitar 15% dari gas Belanda berasal dari Rusia.

Pertimbangan Rusia dalam Membayar Eurobond

Rusia sedang mempertimbangkan untuk membayar pemegang Eurobond dengan menerapkan mekanisme yang digunakannya agar dapat memproses pembayaran gasnya dalam bentuk rubel.

Skema ini akan memungkinkan Rusia untuk membayar pemegang obligasi sambil melewati infrastruktur pembayaran barat. Namun, menurut investor mengatakan langkah itu tidak akan memungkinkan Rusia untuk menghindari utang.

Pembicaraan Rusia dan Turki

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan jika sanksi dicabut, maka Rusia dapat mengekspor pupuk dan produk pertanian dalam jumlah yang signifikan kepada Turki.

Kunjungan Dubes Baru AS ke Kyiv

Duta Besar AS yang baru untuk Ukraina telah tiba di Kyiv, kunjungan tersebut merupakan sebuah langkah simbolis setelah AS menarik semua diplomatnya dari Ukraina sebelum invasi Rusia pada Februari.

AS Kirim Sistem Peluncur Roket Canggih

Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa AS tidak akan mengirim sistem peluncur roket Ukraina yang dapat menjangkau Rusia. Namun, dilaporkan bahwa Biden saat ini sedang bersiap untuk mengirim sistem roket jarak jauh yang lebih canggih ke Kyiv.

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-96: Rusia Tabrak Wartawan Prancis hingga Tewas

Pasukan Rusia Sudah Mulai Masuk Koya Sievierodotesk

Pasukan Rusia telah memasuki pinggiran kota Sievierodonetsk di Ukraina. Gubernur daerah Serhiy Gaidai menggambarkan pertempuran itu di pinggiran kota sangat sengit. Dalam pertempuran itu juga terlihat bahwa pasukan Rusia sudah memasuki kota.

Presiden Volodymyr Zelensky, dalam pidato yang disiarkan televisi, mengatakan bahwa saat ini Sievierodonetsk terlihat sekitar 90 persen bangunan rusak sudah rusak dan lebih dari dua pertiga persediaan perumahan kota telah hancur total.

Wilayah Donbas Merupakan Prioritas Tanpa Syarat

Menteri luar negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa pembebasan wilayah Donbas merupakan prioritas tanpa syarat" untuk Moskow. Dia menambahkan bahwa wilayah Ukraina lainnya harus memutuskan masa depan mereka sendiri. Hal itu ia ungkapkan saat berbicara pada saluran TV Prancis TF1.

Lavrov juga membantah spekulasi bahwa Presiden Vladimir Putin sakit dan ia mengatakan bahwa Presiden Rusia itu akan muncul di depan umum "setiap hari" di bulan Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper