Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Zelensky Harap G20 dapat Hentikan Kekejaman Rusia ke Ukraina

Presiden Ukraina berharap G20 dapat memberikan solusi untuk dapat mengentikan serangan Rusia ke Ukraina.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 27 Mei 2022  |  17:51 WIB
Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) menggelar forum diskusi publik bertajuk
Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) menggelar forum diskusi publik bertajuk "Dari Hati-ke-Hati: Presiden Ukraina, Volodymyr ZelenskyyMenyapa Indonesia", Jumat (27/5/2022). JIBI - Bisnis/Afifah Rahmah

Bisnis.com, JAKARTA - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang bakal digelar di Bali pada November mendatang diharapkan dapat memberikan solusi terhadap konflik yang saat ini terjadi di Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina sejak Februari lalu telah menyebabkan dunia dilanda krisis pangan dan energi. Dia khawatir, kondisi akan semakin parah jika Rusia tak segera menghentikan serangannya.

Pada pertemuan KTT G20 mendatang, dia berharap agar semua negara bersatu, baik para politisi, diplomat maupun ahli ekonomi untuk tidak mendukung dan menutup jalur perdagangan dengan Rusia agar Rusia menghentikkan agresi mereka.

"Saya berharap G20 dapat mencari jalan keluar dari masalah ini. G20 harus bisa menghentikan dan menghimbau [negara-negara lain] untuk mendukung Ukraina," kata Zelensky dalam forum publik yang digelar oleh FPCI secara daring, Jumat (27/5/2022).

Tak hanya itu, dia berharap dukungan dari negara-negara agar dapat menghentikan kekejaman Rusia terhadap Ukraina, terutama agar tak lagi menggunakan senajata biologis dan kimia.

Di lain sisi, Zelensky mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas undangannya ke KTT G20. Dia mengatakan, pihaknya sangat senang dan merasa terhormat menerima undangan tersebut.

Dia kembali berharap, dunia dapat memberikan solusi terbaik dalam konflik antara kedua negara.

"Mudah-mudahan dunia bisa dapat memberikan solusi terhadap masalah ini. Saya ingin masyarakat berdoa untuk perdamaian di dunia dan juga untuk kemanusiaan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top