Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jawab Novel Soal Harun Masiku, KPK: Lapor Saja, Tak Usah Gaduh di Ruang Publik

KPK meminta Novel Baswedan Cs melaporkan keberadaan Harun Masiku dibanding sesumbar di media sosial.
Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri/Antara/HO-Humas KPK
Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri/Antara/HO-Humas KPK

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat untuk menyampaikan apabila mengetahui keberadaan buronan Harun Masiku.

Hal ini termasuk kepada Mantan Penyidik KPK Novel Baswedan apabila mengetahui keberadaan mantan Caleg PDIP itu.

"Tak hentinya kami terus mengajak masyarakat, siapapun, yang betul-betul mengetahui keberadaan HM (Harun Masiku) untuk bisa menyampaikan kepada KPK atau aparat penegak hukum lainnya," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

Menurut dia informasi soal Harun Masiku penting disampaikan kepada penegak hukum agar bisa ditindaklanjuti.

Ali mengatakan informasi terkait Harun Masiku justru sebaiknya jangan disampaikan di ruang publik, lantaran dikhawatirkan menghambat proses pelacakan.

"Agar Informasi tersebut bisa segera ditindaklanjuti secara konkret. Bukan justru menyampaikan di ruang publik yang dikawatirkan malah akan menghambat proses pelacakannya," kata Ali.

Lebih lanjut, sebagai komitmen untuk menuntaskan setiap penanganan perkara di KPK, Ali memastikan, lembaga antirasuah tak berhenti mencari keberadaan Harun Masiku.

"Dalam pencarian HM yang telah berstatus sebagai DPO, KPK tentu telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM sebagai institusi yang punya otoritas untuk bisa memantau pergerakan seseorang di lintas batas negara melalui jalur keimigrasian," kata Ali.

Ali mengatakan, KPK juga tentu telah berkoordinasi dengan kepolisian RI sebagai aparat penegak hukum yang memiliki atribut dan fungsi untuk bisa melakukan penangkapan terhadap seorang DPO.

"Tak hanya itu, KPK juga telah berkoordinasi dengan banyak lembaga internasional. Untuk bisa membantu melakukan perburuan DPO HM ini," ucapnya.

Sekadar informasi, mantan Penyidik KPK Novel Baswedan menawarkan bantuan kepada lembaga antitasuah untuk mencari buron kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) Anggota DPR RI, Harun Masiku.

Novel mengungkapkan hal tersebut dalam hal menanggapi pernyataan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto, yang mengaku tidak mengetahui keberadaan mantan Caleg PDIP itu.

Novel mengaku tak memerlukan waktu lama untuk menangkap Haru Masiku.

"Bila tidak mampu, bisa minta bantu kami untuk tangkap HM (Harun Masiku). Saya yakin tidak perlu waktu yang terlalu lama (untuk menangkap HM)," kata Novel kepada wartawan, Senin (23/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper