Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kiev Siapkan Provokasi, 2 Rudal Ukraina Hancur Ditembak Rusia

Ukraina menyiapkan serangan rudal dari wilayah yang diduduki pasukan Republik Rakyat Donestk dan Rusia.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 16 April 2022  |  08:32 WIB
Kiev Siapkan Provokasi, 2 Rudal Ukraina Hancur Ditembak Rusia
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyebut serangan di stasiun kereta api di Kramatorsk, di wilayah timur Donetsk, sebagai serangan yang disengaja terhadap warga sipil. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia menuding pemimpin Ukraina di Kiev sedang menyiapkan provokasi.

Provokasi tersebut dilakukan untuk menuduh seolah-olah pasukan Rusia telah melakukan kejahatan perang terhadap warga sipil.

Sumber dari Kemhan Rusia menyebutkan bahwa untuk tujuan tersebut, dalam waktu dekat, divisi brigade rudal terpisah ke-19 Ukraina akan menggunakan rudal Tochka-U ke pengungsi di stasiun kereta api di desa Lozovaya.

“Untuk mensimulasikan serangan dari wilayah yang dikendalikan oleh Angkatan Bersenjata Rusia dan formasi Republik Rakyat Donetsk, rudal akan diluncurkan dari sisi pemukiman Staromikhailovka,” demikian penjelasan Kemhan Rusia, Sabtu (16/4/2022).

Kremlin menyebut tindakan dan provokasi seperti itu dari pihak Ukraina menunjukkan sikap tidak manusiawi terhadap nasib warga sipil di Ukraina. Hal ini juga membuktikan bahwa rezim Kiev telah mengabaikan semua norma moralitas dan hukum humaniter internasional.

 Kami secara khusus menekankan bahwa rudal taktis Tochka-U hanya digunakan oleh angkatan bersenjata Ukraina,” ujarnya.  

Serangan Digagalkan

Sementera itu, sekitar pukul 7 pagi waktu Moskow, sebuah divisi dari brigade rudal terpisah ke-19 Ukraina menyerang pembangkit listrik tenaga air Kakhovskaya dengan dua rudal taktis Tochka-U.

Penghancuran bendungan pembangkit listrik tenaga air Kakhovskaya dengan rudal bertujuan untuk menciptakan banjir di banyak pemukiman di wilayah Kherson dan sekitarnya.

Namun demikian, kedua rudal ditembak jatuh di udara oleh sistem pertahanan udara Rusia. Pecahan salah satunya jatuh di desa Novaya Kakhovka, wilayah Kherson. Bangunan TK dan rumah rusak.

Seorang wanita dan seorang anak terluka, yang diberi pertolongan pertama oleh tentara Rusia di tempat. Mereka kini telah dibawa ke rumah sakit,” imbuh laporan tersebut. 

Adapun Angkatan Bersenjata Rusia berhasil menghancurkan 217 fasilitas militer Ukraina, termasuk 15 pos komando pasukan Ukraina, serta benteng ke-201 dan area konsentrasi pasukan Ukraina.  

Secara total, sejak awal operasi militer khusus, 132 pesawat, 105 helikopter, 245 sistem rudal anti-pesawat, 457 kendaraan udara tak berawak, 2224 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya, 251 peluncur roket ganda, 971 meriam dan mortir artileri lapangan, serta 2.123 unit kendaraan militer khusus milik Ukraina hancur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top