Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sahur Baiknya Dilakukan Mendekati Waktu Subuh, Ini Alasannya

Dalam sebuah hadis, disebutkan bahwa waktu terbaik sahur yakni yang mendekati waktu subuh.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 11 April 2022  |  13:53 WIB
Ilustrasi puasa - strongpath
Ilustrasi puasa - strongpath

Bisnis.com, SOLO - Sahur merupakan aktivitas makan yang dilakukan pada dini hari hingga sebelum waktu fajar, dengan niatan untuk berpuasa.

Sahur juga masuk ke dalam kategori amalan sunah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadis, sahur memiliki keberkahan bagi yang melakukannya.

Artinya, “Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, ‘Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur,’" (HR Ahmad).

Dalam hadis lain juga disebutkan bahwa sebaik-baiknya waktu sahur adalah yang mendekati waktu subuh, Hal ini merujuk pada hadis Nabi:

Melansir dari NU Online, hadis tersebut menunjukkan keberkahan sahur yang di mana melakukan sahur di akhir waktu agar kuat menahan lapar dari awal hingga akhir puasa.

Kemudian agar jarak antara selesainya sahur dengan saat shalat Shubuh tidak jauh. Hal ini memungkinkan kita untuk bersegera melakukan shalat Shubuh di awal waktu.

Hikmah yang lain yakni agar seseorang tidak tidur kembali setelah sahur yang mengakibatkan kehilangan waktu salat subuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa puasa ramadan sahur Tips Puasa
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top