Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEMO BEM SI 11 April 2022: Mahasiswa Ancam Masuk ke Gedung DPR

Aliansi BEM SI sudah memadati depan gedung DPR/MPR di Jalan Gatot Soebroto, Senin (11/4/2022).
Aliansi BEM SI memadati depan gedung DPR/MPR di Jalan Gatot Soebroto, Senin (11/4/2022). JIBI/Bisnis- Indra Gunawan
Aliansi BEM SI memadati depan gedung DPR/MPR di Jalan Gatot Soebroto, Senin (11/4/2022). JIBI/Bisnis- Indra Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Mahasiswa yang tergabung dalam aliansi BEM SI sudah memadati depan gedung DPR/MPR di Jalan Gatot Soebroto, Senin (11/4/2022).

Dalam demo orasinya mahasiswa mendesak bertemu dengan para anggota Dewan.

"Kita beri waktu hingga pukul 16.00 WIB. Kita meminta pimpinan DPR temui kami di depan massa aksi," ujar orator aksi dari Universitas Andalas.

"Jika kita tidak ditemui, kami akan masuk ke dalam gedung DPR," ancam mahasiswa.

Mahasiawa juga menyampaikan jika mereka membawa kajian tentang isu-isu yang ada dan meminta agar para anggota dewan menerima aspirasi mahasiswa.

 "Kita akan masuk gedung DPR. Masuk...masuk..masuk," teriak massa aksi.

Dalam aksi tersebut BEM SI menyampaikan beberapa tuntutan dalam demo mahasiswa ini, yaitu:

1. Mendesak dan menuntut wakil rakyat agar mendengarkan dan menyampaikan aspirasi rakyat bukan aspirasi partai.

2. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menjemput aspirasi rakyat sebagaimana aksi massa yang telah dilakukan dari berbagai daerah dari tanggal 28 Maret 2022 sampai 11 April 2022.

3. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk tidak mengkhianati konstitusi negara dengan melakukan amandemen, bersikap tegas menolak penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan 3 periode.

4. Mendesak dan menuntut wakil rakyat untuk menyampaikan kajian disertai 18 tuntutan mahasiswa kepada presiden yang sampai saat ini belum terjawab.

BEM SI juga telah memberikan rilis yang menyatakan ada enam tuntutan demo mahasiswa hari ini. Beberapa tuntutan demo mahasiswa yang disebut sebagai Aksi Nasional Geruduk Istana Negara sebagai berikut:

1. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode karena sangat jelas mengkhianati konstitusi negara.

2. Menuntut dan mendesak Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah dan dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi dan kebencanaan.

3. Mendesak dan menuntut jokowi untuk menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat dan menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan lainnya.

4. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait.

5. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia.

6. Menuntut dan mendesak Jokowi-Maruf untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

Menurut BEM SI, aksi nasional ini dihadiri seribuan mahasiswa dari seluruh kampus se-Indonesia yang terdiri dari 18 kampus di antaranya  UNJ, PNJ, IT-PLN, STIE SEBI, STIE DHARMA AGUNG, STIS AL WAFA, IAI Tazkia, AKA Bogor, UNRI, UNAND, UNRAM, PPNP, UNDIP, UNS, UNY, UNSOED, SSG dan STIEPER.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper