Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kekuatan Udara Ukraina Nyaris Lumpuh, 123 Pesawat dan 311 Drone Hancur

Serangan Rusia hampir melumpuhkan kekuatan udara Ukraina. Ratusan pesawat, drone tempur hingga puluhan helikopter hancur selama perang Rusia-Ukraina berlangsung.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  16:16 WIB
Pesawat tempur MiG/31 ZVO angkatan udara Rusia melakukan penembakan ke sasaran udara selama latihan di dekat Belarus dan Ukraina di wilayah Tver, Rusia Barat. Reuters
Pesawat tempur MiG/31 ZVO angkatan udara Rusia melakukan penembakan ke sasaran udara selama latihan di dekat Belarus dan Ukraina di wilayah Tver, Rusia Barat. Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Militer Rusia mengklaim telah menghancurkan sasaran dan fasilitas milik Angkatan Bersenjata Ukraina selama perang yang berlangsung sejak 24 Februari 2022.

Rusaknya fasilitas militer tersebut memaksa Ukraina terus meminta bantuan persenjataan dari NATO atau negara barat non NATO lainnya.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov memaparkan sejak awal operasi militer khusus, militer Rusia berhasil menumbangkan 123 pesawat dan 74 helikopter, 311 kendaraan udara tak berawak, 1280 tank dan kendaraan tempur lapis baja lainnya milik Ukraina.

"Selain itu ada 181 peluncur roket ganda dan 726 artileri," demikian pernyataan Igor pada hari ini, Selasa (29/3/2022).

Igor menambahkan bahwa hasil itu kemungkinan akan bertambah karena Angkatan Bersenjata Federasi Rusia terus melakukan operasi militer khusus.

Pada malam hari tanggal 28 Maret kemarin, misalnya, rudal jelajah yang diluncurkan dari udara dengan presisi tinggi menghancurkan sebuah pangkalan bahan bakar besar di dekat desa Klevan, wilayah Rivne. 

Menurutnya dari pangkalan ini, bahan bakar dipasok untuk peralatan militer Ukraina ke pinggiran kota Kiev. 

Sementara itu, rudal pertahanan udara pasukan Rusia juga menghancurkan 3 kendaraan udara tak berawak Ukraina di daerah desa Chernobaeka.

Adapun pada saat yang bersamaan pesawat taktis operasional menghantam 68 fasilitas militer Ukraina.

Fasilitas yang dihancurkan antara lain 3 pos komando, 4 sistem rudal anti-pesawat, termasuk 3 Buk-M1 dan 1 Osa, 1 stasiun radar, 5 peluncur roket ganda, 2 depot amunisi, 3 depot bahan bakar dan pelumas, dan 19 area konsentrasi militer Ukraina.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nato Rusia Perang Rusia Ukraina
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top