Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengenal Kinzhal, Rudal Hipersonik Andalan Rusia Untuk Serang Ukraina

Kinzhal dilengkapi dengan rudal aero-balistik hipersonik presisi yang memungkinkan untuk menyerang target pada jarak lebih dari 2.000 Km.
Ilustrasi rudal hipersonik./Antara-Reuters
Ilustrasi rudal hipersonik./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Rusia mulai mengeluarkan satu persatu senjata canggihnya untuk menyerang obyek strategis milik militer Ukraina.

Salah satu senjata yang dipakai tentara Rusia untuk menghancurkan obyek militer Ukraina adalah rudal hipersonik Kinzhal.

Dalam laporan resminya, Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan bahwa pada 18 Maret kemarin, sistem rudal penerbangan Kinzhal dengan rudal aeroballistik hipersonik menghancurkan gudang rudal dan amunisi pasukan Ukraina di desa Delyati, wilayah Ivano-Frankivsk. 

Dikutip dari situs pemberitaan Rusia, rudal hipersonik Kinzhal mampu mengirimkan rudal ke titik pelepasan hanya dalam beberapa menit.

Adapun Kinzhal dilengkapi dengan rudal aero-balistik hipersonik presisi yang memungkinkan untuk menyerang target pada jarak lebih dari 2.000 km tanpa memasuki area pertahanan udara musuh.

Kinzhal disebut mulai dioperasikan pada bulan Desember 2017. Mengutip Wikipedia, Rudal ini diluncurkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada 1 Maret 2018.

Rudal ini dibuat untuk meningkatkan kemampuan Angkatan Udara Rusia untuk mengusir segala kemungkinan agresi.

Dua Rudal Iskander

Sehari sebelumnya,  Rusia berhasil menangkis serangan rudal berhulu ledak cluster Tochka-U Ukraina yang ditembakkan ke pemukiman Melitopol di Ukraina Selatan. 

Serangan itu telah diluncurkan dari arah utara, pinggiran tenggara Zaporozhie yang sepenuhnya dikendalikan oleh unit nasionalis Ukraina. 

Sistem pertahanan udara Rusia telah menangkis rudal yang diluncurkan terhadap penduduk sipil,” ujar Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov, Jumat (18/3/2022). 

Igor mengatakan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia telah mendeteksi koordinat rudal balistik Ukraina.  

Untuk mencegah serangan rudal dan melindungi warga Ukraina dari serangan baru rezim Kiev, peluncur roket nasionalis Ukraina telah dihancurkan oleh dua rudal Iskander. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper