Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Rudal Iskander Rusia Hancurkan Peluncur Roket Ukraina

Dua rudal Iskander Rusia berhasil menghancurkan peluncur roket Ukraina. Serangan itu dilakukan untuk melindungi warga sipil dari penggunaan rudal berhulu ledak cluster yang digunakan rezim Kiev.
Seorang teknisi  berjalan melintasi peluncur rudal Rusia Iskander-M  sebelum latihan untuk parade Hari Kemenangan dengan latar Pusat Bisnis Moskow, yang juga dikenal sebagai Kota Moskow, 5 Mei 2016/Reuters
Seorang teknisi berjalan melintasi peluncur rudal Rusia Iskander-M sebelum latihan untuk parade Hari Kemenangan dengan latar Pusat Bisnis Moskow, yang juga dikenal sebagai Kota Moskow, 5 Mei 2016/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Rusia berhasil menangkis serangan rudal berhulu ledak cluster Tochka-U Ukraina yang ditembakkan ke pemukiman Melitopol di Ukraina Selatan. 

Serangan itu telah diluncurkan dari arah utara, pinggiran tenggara Zaporozhie yang sepenuhnya dikendalikan oleh unit nasionalis Ukraina. 

Sistem pertahanan udara Rusia telah menangkis rudal yang diluncurkan terhadap penduduk sipil,” ujar Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov, Jumat (18/3/2022). 

Igor mengatakan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia telah mendeteksi koordinat rudal balistik Ukraina.  

Untuk mencegah serangan rudal dan melindungi warga Ukraina dari serangan baru rezim Kiev, peluncur roket nasionalis Ukraina telah dihancurkan oleh dua rudal Iskander. 

Melitopol adalah salah satu kota di selatan Ukraina yang telah dikendalikan oleh Rusia. Sebelumnya, Wali Kota Melitopol juga pernah ditahan oleh pihak Rusia.

Adapun, lanjut Igor, kota Melitopol dalam kondisi biasa. Toko-toko dan transportasi umum beroperasi. Setiap hari para prajurit Rusia juga mengirimkan bantuan kemanusiaan yang telah berulang kali diberitahukan dan ditunjukkan kepada perwakilan media massa. 

“Penggunaan rudal balistik terhadap penduduk sipil oleh rezim Kiev yang perwakilannya mengetahui tentang tidak adanya posisi penembakan Angkatan Bersenjata Rusia di daerah pemukiman Melitopol membuktikan sifat kriminal dari kepemimpinan nasionalis Ukraina,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper